Header Ads Widget

Hosting Unlimited Indonesia

Update

8/recent/ticker-posts

Inovasi Pelayanan Publik, Kecamatan Bekasi Selatan Gelar Kongkow Bareng


REFORMASI-ID 🇮🇩 | Kota Bekasi - Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi memberikan instruksi kepada setiap kecamatan di wilayahnya untuk memberikan suatu inovasi yang berbeda satu dengan yang lainnya tapi bermanfaat untuk warga Kota Bekasi. 

Kecamatan Bekasi Selatan memutuskan untuk mencanangkan program bertajuk Kongko Bareng (Kobar) dan Pelayanan Publik, di mana sesuai dengan temanya, acara ini ditujukan untuk memudahkan akses warga Bekasi Selatan dengan berbagai layanan publik di Kota Bekasi. Kegiatan Kobar perdana ini digelar di taman Pakis Pondok Pekayon Indah (PPI) RT 05 RW 012, Kelurahan Pekayon Jaya, Kecamatan Bekasi Selatan, Kota Bekasi, (11/01/2023).

Derry Rismawan, Kasie  Pemerintahan kecamatan Bekasi Selatan menyampaikan, Kongkow bareng dan pelayanan sehari sekaligus dibuka 12 gerai pelayanam merupakan wujud inovasi kecamatan Bekasi Selatan dalam melayani warga. 

"Kegiatan Kongkow Bareng ini  yang pertama kali dan bertujuan untuk  memudahkan pelayanan warga, selain itu warga bisa menyampaikan keluhan kritik dan saran langsung kepada Plt. Wali Kota Bekasi," ujar Derry.

Tampak hadir dalam acara kongkow bareng dan pelayanan publik dalam 1 hari, DR. H. Tri Adhianto Tjahyono, SE., MM Plt. Walikota Bekasi, Karya Sukmajaya, S.AP., M.Si Camat Bekasi Selatan dan jajaran, Kompol M. Budiyono, S.H., MM Kapolsek Bekasi Selatan dan jajaran, dari polres Metro Bekasi Kota hadir KBO lantas Iptu Lidya, anggota DPRD Nuryadi Darmawan, Para Lurah se-Kecamatan Bekasi Selatan, Satpol PP, Para Ketua RW, Ketua FK RW, dan RT se-Kelurahan Pekayon Jaya, Pokdarkamtibmas Bhayangkara, Forkabi, para tokoh masyarakat, tokoh agama dan warga Pekayon Jaya.

Lurah Pekayon Jaya Encup Supratman menjelaskan bahwa Kegiatan Kongkow Bareng, masyarakat langsung bertemu dengan Plt. Wali Kota Bekasi Tri Adhianto menceritakan keluh kesah dilingkungannya. Selain itu 
 ada 12 pelayanan yang dilakukan dalam satu tempat dimana ini merupakan sebuah inovasi pelayanan dari Kecamatan Bekasi Selatan yang bertempat di RW 012 Kelurahan Pekayon Jaya.

Dalam acara tersebut, Kecamatan Bekasi Selatan menghadirkan 12  layanan masyarakat dan menghadirkan bazaar UMKM setempat.

Menurut Karya Sukmajaya Camat Bekasi Selatan, Kongko Bareng ini merupakan inovasi daerah yang idenya dari para perangkat daerah dan ini untuk Kecamatan Bekasi Selatan.

"Program Ini sudah kita launching beberapa bulan yang lalu, pada saat beliau (Plt Wali Kota Bekasi Tri Adhianto) ada kegiatan di Kecamatan Bekasi Selatan. Pada hari ini action-nya. tanggal 11 ini di Kelurahan Pekayon Jaya, bulan depan di kelurahan lain, bulan depannya lagi pindah ke kelurahan lain sampai nanti pas di semua lima kelurahan,” ujar Karya kepada LUGAS. 

Camat Bekasi Selatan itu melanjutkan, ia menyadari betul bagaimana mereka bekerja untuk melayani masyarakat sehingga rasanya tepat bila layanan tersebut dapat diupayakan agar semakin didekatkan kepada warga. Pada acara Kobar perdana ini, pihak kecamatan menghadirkan 12 layanan publik seperti:

1.UPTB PAJAK RETRIBUSI
2.BANK BJB
3.Dinas Kependudukan dan Pencatatan sipil (Gratis)
4.BPJS KETENAGAKERJAAN
5.RUMAH SAKIT EMC (gratis)
6.UPTD PLKB (gratis)
7.BPJS KESEHATAN
8.KPP PRATAMA (gratis)
9.SAMSAT KOTA BEKASI
10.POLRES METRO BEKASI KOTA
11.UPTD PUSKESMAS (gratis)
12.DINAS KOPERASI USAHA KECIL MENENGAH. 

"Harapan kita (dengan Kobar) lebih dengan masyarakat, karena ini bukan masyarakat yang datang ke kecamatan tapi kita turun langsung ke masyarakat sehingga interaksi kita semakin dekat, kita semakin akrab dengan masyarakat, silaturahmi terbangun, pelayanan terlaksana dengan baik, dan masyarakat bahagia,” jelas Karya.

Dalam kesempatan itu Aiptu Muhtar bhabinkamtibmas Pekayon Jaya yang hadir dalam acara kongkow bareng mengajak warga masyarakat untuk mendaftar BPJS Ketenagakerjaan.

Sementara itu Tri Adhianto Tjahyono,Plt.Wali Kota Bekasi, menyampaikan, Kegiatan ini dilaksanakan salah satu bentuk kolaborasi antar instansi untuk memberikan pelayanan langsung kepada masyarakat.

"Kegiatan ini sangat baik, Kolaborasi antar instansi untuk pelayanan kepada warga, apabila ada banyak saran dan masukan yang belum terjawab nanti akan disampaikan, dan bisa menyampaikan kembali melalui akun media sosial instagram@mastriadhianto, terkait yang disampaikan adanya saluran air di Jalan Pakis RW 012 rusak sehingga pada saat hujan lambat untuk surut, bagaimana solusinya, termasuk adanya kabel listrik yang tidak beraturan bagaimana solusinya, untuk saluran air di Jalan Pakis itu bukan rusak, namun permasalahan utamanya pada ujung saluran yang perlu diperbaiki, ada pun kabel yang semrawut akan ada pembenahan oleh dinas terkait."tutup Tri Adhianto.