Header Ads Widget

Hosting Unlimited Indonesia

Update

8/recent/ticker-posts

Refleksi Akhir Tahun, Menyongsong Pemilu 2024



REFORMASI-ID| Opini - Pemilihan Umum (Pemilu) merupakan ajang pesta demokraksi bangsa Indonesia untuk mencari sosok pemimpin yang diharapkan bisa membawa Indonesia ke puncak kesuksesan dan kesejahteraan. Selasa, 27 Desember 2022.

Pemilu yang akan dilaksanakan pada tahun 2024  sudah mulai memasuki babak awal, berbagai Partai Politik (Parpol) sudah mendaftarkan diri untuk bisa menjadi peserta. Syarat dan peraturan pun sudah ditetapkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) sebagai salah satu lembaga yang ditunjuk pemerintah menjadi penyelenggara Pemilu.

Ditahun 2024 nanti, Indonesia akan mengadakan pemilihan serentak, baik pemilihan Presiden, DPR RI, DPD, DPRD dan juga Kepala Daerah.

Moment tersebut menjadi moment yang sangat berharga, karena hasil dari pemilihan untuk menentukan pemimpin masa depan yang diharapkan membawa perubahan yang lebih baik untuk bangsa ini, serta menjadi sebuah kebanggaan tersendiri bagi bangsa Indonesia, bisa mengadakan pesta demokrasi yang mungkin terbesar didunia.

Menurut penulis, hal tersebut menjadi sebuah prestasi yang memukau dimata dunia, negara yang sedang berkembang mampu melaksanakan pesta demokrasi skala besar dan bersamaan, bukan tanpa sebab, karena Indonesia sudah membuktikan keberhasilannya melalui Pemilu sebelumnya.

Tapi, semua itu harus dijaga dan diawasi dengan semaksimal mungkin, peran serta semua elemen sangat dibutuhkan, terutama peran serta masyarakat dan media sebagai corong penerima dan pemberi informasi, untuk itu diharapkan masyarakat dan media bisa mengambil peran langsung memantau jalannya Pemilu agar Jujur Adil (Jurdil) dan Langsung Umum Bebas Rahasia (Luber) terlaksana dengan sukses.

Oleh sebab itu, penulis berpesan kepada teman-teman jurnalis agar selalu menjalankan tugas jurnalistik sesuai dengan kode etik jurnalis.

Bukan itu saja, sebagai seorang Warga Negara Indonesia, penulis juga berpesan kepada seluruh masyarakat agar lebih bijak dalam menerima dan memberi informasi, sebab dengan semakin mudahnya informasi yang didapat dari Sosial Media (Sosmed), kemungkinan semakin besar resiko penyebaran dan penerimaan informasi hoaxs yang beredar.

Disinilah kita diajarkan untuk lebih pintar dalam memilih dan memilah informasi, baik yang kita terima maupun yang akan kita sajikan ke publik.

Untuk itu, mari bersama-sama kita sukseskan Pemilu 2024 nanti, lawan penyebaran informasi hoaxs, gunakan hak pilih dengan baik dan benar, tentukan pilihan menggunakan hati nurani, carilah pemimpin yang bisa menjadikan Indonesia lebih baik lagi.

#salamindonesiadamai
#sukseskanpemilu2024

Penulis : Wisnu Wicaksana
Editor   : Redaksi