Header Ads Widget

Hosting Unlimited Indonesia

Update

8/recent/ticker-posts

Jaga Transparansi, Ketua RT/RW Perumahan Sigma Jatimakmur Dipilih Secara Langsung



REFORMASI-ID| Kota Bekasi - Pemilihan Ketua Rukun Tetangga (RT) dan Rukun Warga (RW) di RW 020  Perumahan Sigma, Kelurahan Jatimakmur berlangsung layaknya pemilihan umum legislatif dan pemilihan umum presiden. Pemilihan ketua RT/RW dilaksanakan di lapangan serbaguna RW 020 Perumahan Sigma kelurahan Jatimakmur, Kecamatan Pondok Gede, Kota Bekasi, Minggu (16/10/2022)

Sigma merupakan perumahan di Bekasi yang dekat dengan Kota Jakarta  yang selalu jadi lokasi hunian yang diminati, namun tidak terlalu ramai atau padat, dengan Heterogenitas sosial dalam kehidupan masyarakatnya hari ini mengikuti pesta demokrasi tingkat Rukun Warga (RW). Sebelumnya warga disuguhkan dengan tampilan 30 anak Bandung Karate Club (BKC) dan tampilan Hadroh yang mengarak dan menyambut calon ketua RW dan Calon Ketua RT sebelum memasuki arena pemilihan ketua RT/RW. Salah satu cara agar warga tidak segera pulang  sebelum acara selesai adalah dengan menyiapkan doorprize. 

Antusiasme warga terlihat sejak sekitar pukul 08.00, tatkala ratusan warga antre di Tempat Pemungutan Suara (TPS). Adapun para petugas TPS, mulai dari panitia hingga saksi pun sudah siap melayani warga yang datang untuk memilih ketua RT dan RW mereka. Tidak tanggung-tanggung selain pemilihan ketua RW, secara serentak pemilihan enam (6) ketua RT sekaligus dalam  waktu bersamaan.

Zainal Abidin Syah, S.T., M.M. Camat Pondokgede menyampaikan bahwa pemilihan ketua RT dan RW itu dengan cara aklamasi ataupun pemilihan langsung, tidak memeiliki perbedaan signifikan.



"Asalkan masing-masing calon dan ketua terpilih dapat menjalankan tugas dengan amanah. Apabila pemimpin tidak amanah, warga masyarakat akan menjadi korban, segala urusan menjadi rumit dan keberlangsungan hidup sosial menjadi kacau. Dalam pemilihan ketua RT dan RW ini saya mengapresiasi setinggi-tingginya kepada ketua RW, ketua RT dan semua saja yang terlibat dalam kegiatan ini, apalagi sigma ini sangat dikenal, dikenal karena prestasinya. Di sigma ini semua ada, kekompakanya, kerukunanya dan semua prestasi dari kampung tangguh, RW Siaga, KWT dan lain-lainnya." Jelas zainal Abidin Syah.

Pemilihan ketua RT dan ketua RW dihadiri Zainal Abidin Syah Camat Pondok Gede, Atmanto lurah Jatimakmur yang diwakili Ruslan Abdul Gani Kasie pemerintahan, Ketua Forum  Komunikasi RW Rachmat Pramukty,Ketua RW 020 Dwi Nurimanto Hadi, para ketua RT,  kandidat ketua RT dan ketua RW, tokoh masyarakat dan tokoh agama H. Abdul Jalil dan H. Muhtar Lutfi, Babinsa, Bhabinkamtibmas, para pengurus dan jajaran Kowilmur yang membantu pengamanan dan semua warga RW 020 Perumahan Sigma Jatimakmur. 

Menurut Ruslan Abdul Gani, Kasie Pemerintahan kelurahan Jatimakmur bahwa pemilihan ketua RT dan RW periode 2022-2027 berlangsung ramai dan meriah karena berawal dari keguyuban warga RW 020 Perumahan Sigma Jatimakmur.

Rachmat Pramukty ketua Forum Komunikasi Rukun Warga (FKRW) yang aktif sebagai Dosen Pengajar di salah satu Universitas di Bekasi menyoroti Demokrasi yang terjadi di RW 020 Perumahan Sigma Jatimakmur. Menurutnya Demokrasi sehat dan indah telah ditunjukkan oleh RW 020 Perumahan Sigma. 

"RW 020 Perumahan Sigma melaksanakan pemilihan ketua RT dan RW secara serentak, pemilihan RT dan RW seperti Pemilu betulan. Warga ingin pemilihan langsung agar jujur dan adil tanpa intervensi, dan disini semua warga menikmati, mereka senang, bahagia, tidak ada gontok-gontokan bahkan satu sama lain saling mendukung. Dari kegiatan pemilihan ini diharapkan munculnya calon Ketua RT dan RW yang memiliki kualitas dan kemampuan manajemen yang baik, mengingat saat ini pemerintah sedang mengembangkan pemberdayaan dan pengelolaan kegiatan pembangunan sampai di tingkat RT. Oleh karena itu, keberadaan Ketua RW dan Ketua RT selaku penyelanggara kegiatan pembangunan di wilayah, menjadi sangat strategis. kualitas demokrasi yang semakin baik  dan ditunjukkan RW 020 Sigma akan menumbuhkan kepercayaan dan optimisme masyarakat terhadap pemimpinnya semakin meningkat," tegas Rachmat Pramukty.

Hasil pemilihan ketua RT dan ketua RW periode 2022-2027

Terpilih sebagai ketua  RT 001 Iwan Sobar dengan 145 suara, sebagai ketua RT 002 H. Rahmat Jaelani dengan perolehan 146 suara, sebagai ketua RT 003 Hariono (komeng) dengan perolehan 74 suara, sebagai ketua RT 004 Yamin dengan memperoleh 153 suara,  sebagai ketua RT 005 Suntoko dengan perolehan 98 suara, sebagai ketua RT. 006 Syarief dengan 36 suara. Adapun terpilih sebagai ketua RW 020 H. Khairul Tanjung dengan perolehan 495 suara Menggungguli Bambang Tri Ageng yang memperoleh 409 suara.

Sebagai ketua RW terpilih periode 2022-2027 H. Khairul Tanjung merasa bersyukur karena mendapat amanah meneruskan ketua RW sebelumnya. Dirinya mengucapkan terimakasih kepada semua warga RW 020 Perumahan Sigma. 

"Tidak ada kalah dan menang, yang ada adalah menang semua, kami di RW 020 ini sudah guyup sejak lama, semua saling dukung. Kami ucapkan terimakasih pada semuanya, kepada panitia, kepada semua warga RW. 020, semoga ke depan semuanya akan lebih baik," kata H. Khairul Tanjung.

Sebagai ketua RW yang  sudah menjabat 2 periode dan menjadi ketua panitia dalam pemilihan ketua RT dan RW, Dwi Nurimanto Hadi menyampaikan bahwa  pemilihan secara langsung untuk  tetap menjaga transparansi. 

"Pemilihan secara langsung itu sudah berjalan lama, dan tentunya untuk menjaga transparansi. Alhamdulillah acara berjalan sukses, itu semua adalah peran serta semua warga. Sejak awal kami bentuk panitia, semua kami libatkan termasuk dari utusan RT yang ditunjuk, dari karang taruna kami libatkan semua, dari ibu-ibu PKK. Ia berharap yang terpilih  sebagai ketua RT dan RW harus didukung penuh oleh seluruh unsur masyarakat. Sebab peran ketua RT dan RW pada akhirnya sangat vital karena mereka merupakan ujung tombak pemerintahan, tapi apabila tidak sesuai dengan visi dan misinya warga harus mengingatkan,"tegas Dwi Nurimanto Hadi. 

"Kedepan kami berharap sigma ini semakin maju dan bisa menjadi sigma wisata, kami disini semua ada,  ketahanan pangan, industri kreatif, seni budaya, semua aspek penunjang ada di sigma ini tinggal ditingkatkan, tinggal dipoles dan penuh inovasi-inovasi yang kreatif," Ujar Dwi menambahkan. 

Acara pemilihan RT dan RW tampak terarah dan menarik, sesekali diselingi pembagian Doorprize. Pemilihan RT dan RW tampak sebagai hiburan warga, sehingga yang hadir dilokasi pemilihan merasa bahagia, dipandu  3 Master of Ceremony (MC) Hj.Sri handarusmini, Siti fahehah dan Anggara Wisnu w yang sudah pengalaman dan malang melintang sebagai MC.Wajah sumringah juga ditunjukan Sahroni warga RT 005 yang mendapatkan Doorprize sepeda.

Reporter: Agus Wiebowo