Header Ads Widget

Hosting Unlimited Indonesia

Update

8/recent/ticker-posts

Community Parenting Bunda Paud Pulogadung, Pentingnya Lima Tahun Pertama




REFORMASI-ID| Jakarta - Bunda PAUD Kelurahan Pulogadung, Jakarta Timur,  Ikatan Istri Dokter Indonesia ( IIDI)  Cabang Jakara Timur dan Minderoo Foundation berkolaborasi mempromosikan pentingnya 5 tahun pertama dalam kehidupan setiap anak.  Acara bertema "Pola Asuh dan Tumbuh Kembang Anak di 5 Tahun Pertama" berlangsung di kelurahan Pulogadung pqda hari jumat,  21 oktober 2022 dan dikkuti oleh 70 pesrta.

Community Parenting bertujuan meningkatkan kesadaran tentang Perkembangan Anak Usia Dini yang mencakup topik-topik seperti perkembangan anak usia dini, kesehatan fisik dan psikologi anak, peran orangtua dan pengasuh yang dapat dimainkan setiap hari untuk mendorong perkembangan otak anak anak secara optimal.

Pakar dan panelis yang berpartisipasi dalam kegiatan Community Parenting ini adalah Dewirini Anggraeni, MA.IR selaku Program Coordinator Thrive by Five Indonesia Minderoo Foundation, Soraya Rosanty Ketua Ikatan Isteri Dokter Indonesia (IIDI) cabang Jakarta Timur, dan Sumarni selaku Bunda PAUD Kelurahan Pulogadung.

Pada kegiatan ini peserta diperkenalkan dengan program dan aplikasi parenting "Cilukbalita", yang merupakan bagian dari program global multi-channel Thrive by Five dari Minderoo Foundation guna memberdayakan orang tua dan pengasuh di seluruh dunia untuk memberi anak anak mereka awal terbaik dalam hidup. Program global diluncurkan di Indonesia pada tanggal 21 Maret 2022 dengan dukungan mitra pelaksana lokal yaitu Yayasan Kesejahteraan Anak Indonesia (YKAI) dan Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia (AIMI).



Program ini menyediakan kegiatan yang menginspirasi orang tua dan pengasuh untuk memiliki interaksi yang lebih sering dan berkualitas dengan anak-anak. Didukung oleh penelitian ilmu saraf terbaru dan disesuaikan untuk memenuhi persyaratan bahasa, budaya dan sosial masing-masing negara, ini menyoroti bagaimana permainan sederhana seperti Cilukba secara ilmiah terbukti memiliki dampak yang signifikan pada perkembangan anak.

Soraya Rosanty, ketua Ikatan Istri Dokter Indonesia (IIDI) Cabang Jakarta Timur mengungkapkan, sekolah merupakan tempat dimana anak-anak dapat memperoleh ketrampilan dasar, namun anak-anak akan tumbuh secara berbeda ketika mereka tumbuh dengan orangtua yang edukatif, sehat fisik dan psikologis.

"Pembelajaran parenting seperti Cilukbalita sangat penting untuk memaksimalkan perkembangan anak terutama pada lima tahun pertama. Guru PAUD perlu mempelajari pola asuh dasar yang ada di Aplikasi Cilukbalita untuk diterapkan dalam perannya di PAUD karena mereka adalah orang tua kedua dari anak-anak di sekolah," terang Soraya.

Sementara itu Bunda Pulogadung, Sumarni, PAUD Kelurahan mengatakan PAUD adalah tempat kedua dimana anak dititipkan oleh orang tua untuk dapat mengenyam pendidikan.

"Karena dunia anak-anak itu menyenangkan dan Parenting Cilukbalita memiliki makna yang dalam di usia 5 tahun awal hidup mereka. Tidak hanya bermanfaat bagi orang tua, tetapi juga bagi guru-guru PAUD," kata Sumarni.

Aplikasi Thrive by Five atau Cilukbalita, saat ini telah dapat diunduh gratis melalui Google Store atau Apple Store. Indonesia terpilih menjadi negara peluncuran program global bernama Thrive by Five yang direncanakan akan menjangkau 30 negara dalam tiga tahun ke depan.

Latar belakang penelitian sebagai dasar program internasional, Thrive by Five

Konten dan aplikasi The Thrive by Five atau Cilukbalita dikembangkan oleh Minderoo Foundation, bekerja sama dengan Brain and Mind Center, University of Sydney dan B8E, dan didasarkan pada analisis antropologis mendalam tentang pengasuhan dan norma masyarakat, peran gender dan peran pengasuhan, meliputi beberapa aspek seperti agama, budaya dan lingkungan masing masing negara, dikombinasikan dengan landasan ilmiah seputar otak sosial dan kognitif, kesehatan fisik, komunikasi/bahasa serta identitas dan budaya. Hasilnya adalah kumpulan tips aktivitas yang relevan dengan konteks nasional dan budaya masing-masing negara.

Profesor lan Hickie dari Brain and Mind Center, University of Sydney mengatakan program ini adalah yang pertama di dunia.

"Ini secara unik menggabungkan wawasan baru dari limu perkembangan otak di usia dini dengan penerapan pengetahuan budaya khusus setempat. Itu tantangan nyata tetapi juga keindahan proyek," ujar Profesor lan Hickie.

Dia menambahkan, "ini adalah hak istimewa yang nyata, dan pengalaman belajar yang luar biasa bagi kami, untuk bekerja dengan orang orang di setiap negara, dan didukung oleh Minderoo Foundation. Kita bisa membawa ilmu saraf dan praktik anak untuk bersama menciptakan lingkungan yang akan membantu setiap anak mencapai tujuan mereka secara kognitif dan juga emosional."

B.B.E. adalah mitra teknologi Minderoo Foundation untuk proyek tersebut. Managing Director B.B.E Adam Beaupeurt, mengatakan sangat menyenangkan dan bermanfaat memiliki kesempatan untuk menjadi bagian dari proyek global yang begitu penting.

"Kami tahu bahwa ini adalah proyek yang ingin kami ikuti; semangat tim sangat jelas, dan kami merasa terhormat memiliki kesempatan untuk berkolaborasi dengan tim Minderco untuk membangun pengalaman digital yang akan diluncurkan di seluruh dunia," kata Managing Director B.B.E Adam Beaupeurt.

IIDI East Jakarta

IIDI merupakan satu-satunya wadah yang menghimpun para isteri dokter Indonesia. Organisasi ini bergerak di bidang medik sosial berdasarkan kekeluargaan dan gotong royong. Selain itu, IIDI Cabang Jakarta Timur merupakan pendamping serta mitra yang sejajar dengan organisasi Ikatan Dokter Indonesia (IDI) 

Minderoo Foundation:

Didirikan oleh Andrew dan Nicola Forrest pada tahun 2001, Minderoo Foundation adalah organisasi filantropi modern yang berusaha mendobrak tantangan, berinovasi, dan mendorong perubahan positif berjangka panjang. Minderoo Foundation bangga menjadi orang Australia, dengan inisiatif utama mulai dari penelitian menyeluruh dan mengeliminasi perbudakan, hingga kolaborasi Bersama dalam melawan kanker dan membangun proyek komunitas.

(PR)