Header Ads Widget

Hosting Unlimited Indonesia

Update

8/recent/ticker-posts

Santunan 168 Anak Yatim di Masjid Jami Nurul Ihsan Kayuringin Jaya



REFORMASI-ID|Kota Bekasi - Lima Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) kembali melaksanakan santunan anak yatim  bertempat di Madjid Jami Nurul Ihsan RW 25 Rawabetik Kayuringin Jaya, Kecamatan Bekasi Selatan, Kota Bekasi, Minggu (18/9/2022) 

Kelima DKM yakni, Masjid Ar-Ridho, Masjid Al-Anshor, Masjid Nurul Ihsan, Masjid Nurul Hikmah, Masjid Almubarok. 

Berbeda dengan santunan bulan sebelumnya, kali ini ada penambahan jumlah anak yatim yang disantuni, yakni 168 anak yatim yang berasal dari 13 RW di Kelurahan Kayuringin Jaya, 2 RW Kelurahan Jakasampurna dan 1 RW Kranji. 

Acara diisi dengan sejumlah kegiatan diantaranya pembacaan ayat suci Alquran, sambutan-sambutan, ceramah dan doa yang dibawakan oleh Ustazd Fachri Husaini dan santunan.

Ketua DKM Masjid Ar-Ridho H. Muhammad Bakri Hasan dalam sambutanya mewakili 5 DKM menyampaikan rasa syukur dan terimakasih atas terselenggarakanya kegiatan rutin santunan.



"Alhamdulillah atas ridho Allah dan atas ijinnya kegiatan santunan rutin ini bisa berjalan, berawal dari kegiatan sosial yang dipelopori seksi sosial RW 21 H. Irfangi dan kawan-kawan, yang awalnya jumlahnya sedikit sekarang berkembang terus, kita harus bersyukur pada Allah SWT dan kedepan InsyaAllah akan terus berkembang.
Kepada para donatur kami sangat berterimakasih, semoga Allah memberikan lipatan  pahala yang banyak dan barokah," ujar Muhammad Bakri Hasan. 

Saat yang sama, H.Arifin Harahap, ketua DKM Masjid Nurul Ihsan selaku tuan rumah mengapresiasi kebersamaan para ketua RW dan DKM mengadakan santunan gabungan ini. Dirinya merasa senang dan berharap ini akan semakin meluas.

“Alhamdulillah syiar seperti ini gaungnya luar biasa, santuanan kami berikan tepat sasaran dan mengalami cakupan yah semakin meluas, bahkan seperti pak lurah sampaikan tadi tidak hanya anak ini menerima bantuan seperti ini tapi kebutuhan pokok anak dimasa pendidikan juga terpenuhi dengan bantuan dari Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) yang merupakan badan resmi dan satu-satunya yang dibentuk oleh pemerintah. Kami merasa senang dan tentunya mengapresiasi, kami ditunjuk sebagai tuan rumah di Masjid Jami Nurul Ihsan ini, kami merasa senang, kami juga apresiasi kegiatan ini rutin dilakukan setiap bulan, harapannya tentunya kegiatan seperti ini semakin meluas dan menambah ukhuwah Islamiyyah di masjid-masjid khususnya lingkungan Kayuringin," Kata H. Arifin Harahap. 

Dalam kegiatan santunan anak yatim suasana tambah hidup dengan  tampilnya anak-anak yatim yang maju ke depan dan langsung di tes olehRicky Suhendar lurah Kayuringin Jaya, dengan meminta anak-anak melantunkan adzan, Baca Doa dan hapalan surat alquran, seperti Panji anak yatim kelas 2 yang melantunkan suara adzan, Rangga yang membacakan surat Al-maun, Nurhayati, Rian, Azka dan Nauly Hayatul fadillah. Semuanya di tes doa dan hapalan surat alquran sekaligus diberi hadiah oleh lurah dan ketua DKM Masjid Nurul Ihsan H. Arifin Harahap. Selain itu juga dikenalkan sekaligus di tes Hafidz quran 5 Juz oleh M. Vahlevi Rizal kelas 11.



H. Yoyo Sutaryo ketua RW 021 yang juga sebagai ketua Forum RW kelurahan Kayuringin Jaya berharap kegiatan santunan anak yatim bisa kontinyu dan semakin luas jangkauannya.

“Alhamdulillah kegiatan ini berlangsung terus dan rutin setiap bulan, kami berterimaksih sambutan baik para ketua RW dan DKM, semoga kegiatan santunan ini berlangsung terus bahkan bisa 26 RW yang ada di Kayuringin mampu melaksanakan kegiatan ini,"  ucapnya.

Sejumlah pengurus DKM dan RW hadir pada kesempatan itu, antara lain Ketua Forum RW, H. Yoyo Sutaryo, Ketua Seksi Sosial RW 21 H. Irfangi, Ketua DKM Masjid Ar-Ridho H.Muhammad Bakri Hasan, ketua DKM Masjid Nurul Ihsan, H. Arifin Harahap, ketua DKM Masjid Al-Mubarok H. Kukuh,H. Dakhlan, seksi sosial RW 21, H. Wahyu Heru Triyoso, seksi sosial RW 21, ustadz Fachri Husaini, lurah Kayuringin Jaya, Ricky Suhendar, Pamor RW, para sesepuh dan tokoh masyarakat setempat.

Lurah Kayuringin Jaya Ricky Suhendar mengapresiasi program santunan rutin kepada anak yatim. Pasalnya, ini merupakan santunan ke anak  kesekian kalinya yang rutin yang disalurkan tepat sasaran yaitu ke Anak Yatim di wilayah kelurahan Kayuringin Jaya. 

"Pertama saya hadir baru dua atau tiga DKM, sekarang sudah 5 DKM, ini program berjalan baik dari Pak Haji. Irfangi dan DKM-DKM yang ada di lingkup Kayuringin Jaya. Kami pihak kelurahan sangat apresiasi apa yang dilakukan hari ini yaitu memberikan santunan kepada anak-anak yatim. Alhamdulillah dari yang awalnya DKM satu RW sekarang sudah meningkat, bahkan hari ini 168 anak di beri santunan.ini adalah langkah yang sangat baik dan tindakan yang sangat mulia. Sekali lagi kami sangat berterima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya,” tutur Ricky Suhendar. 

Bahkan dirinya berharap bantuan seperti ini dapat berkelanjutan, secara simultan terlebih kepada para anak yatim yang tersebar di wilayah Kayuringin Jaya.

Tak lupa, ia mengucapkan ribuan terima kasih kepada para donatur yang telah memberi sumbangan kepada Anak Yatim.

“Kami mengucapkan terima kasih. Semoga apa yang telah diberikan kepada bisa mendapatkan pahala dan balasan yang setinggi-tingginya dari Allah,” pungkasnya.


Reporter: Agus Wiebowo