Header Ads Widget

Hosting Unlimited Indonesia

Update

8/recent/ticker-posts

Santunan Anak Yatim Rutin Bulanan di Masjid Al-Mubarok


REFORMASI-ID | Kota Bekasi - Salah satu unsur masyarakat yakni Seksi Sosial dan Kematian sangat penting peranya di masyarakat, seperti di RW 021 Kayuringin Jaya seksi sosial dan kematian dibawah H. Irfangi yang berperan aktif dalam kegiatan sosial kemanusisaan. Dari sejak digulirkannya santunan anak yatim, duafa, pengadanan mobil ambulance dan lain-lain peran seksi sosial dan kematian sangat berperan, saat pandemi Covid-19 pekerja media atau wartawan pun terkena dampak oleh Pandemi COVID-19 di Indonesia. Salah satu unsur masyarakat yakni Seksi Sosial dan Kematian RW 021 Kayuringin Jaya ikut membagikan bantuan. Sampai saat ini bersama dengan yayasan dan DKM di RW RW wilayah Kayuringin Jaya program santunan ini berjalan lancar.

Seperti hari ini di Masjid Al-Mubarok RW 02 Perumnas 1 Kelurahan Kayuringin Jaya, Kecamatan Bekasi Selatan, Kota Bekasi, Minggu (28/8/20222)

Acara diisi dengan sejumlah kegiatan di antaranya pengajian, ceramah agama oleh Ustaz Drs H Husein Usman, M.Pd.I, doa bersama dan santunan.


Dalam ceramah agama yang dibawakan oleh Ustaz Husein Usman mengajak jamaah yang hadir untuk memahami pentingnya bersedekah pada sesama terutama kepada anak yatim. Sebab, kata dia kita tidak bisa hidup sendiri, makan sendiri, minum sendiri tanpa berbagi kepada sesama.

Menurutnya, menjadi muslim tidak cukup dengan salat namun juga harus diimbangi dengan infak dan sedekah terutama memberi makan anak yatim jika tidak mau disebut sebagai pendusta agama.

Ketua Yayasan Masjid Al Anshor H. Hengki Brahmantio dalam sambutanya menyampaikan ucapan syukur dan Terimakasih.


"Alahmdulillah atas ridho Allah dan atas ijinnya kegiatan santunan rutin ini bisa berjalan, dari yang awalnya 35 sampai 40 anak dan ada di satu RW alhamdulillah sekarang berkembang terus, kita harus bersyukur pada Allah SWT dan kedepan InsyaAllah akan terus berkembang," Ujar H. Hengki Brahmantio.

Agus Irianto, ketua RW 002 kelurahan Kayuringin Jaya mengapresiasi kebersamaan para ketua RW dan DKM mengadakan santunan gabungan ini. Dirinya merasa senang dan berharap ini akan semakin meluas. 

"Kami merasa senang dan tentunya mengapresiasi, kami ditunjuk sebagai tuan rumah di masjid Al-Mubarok ini kami merasa senang, kami juga apresiasi kegiatan ini rutin dilakukan setiap bulan. Di masjid Al-Mubarok ini kami sudah pernah mengadakan kegiatan santunan haya kalau gabungan memang baru kali ini, harapanya tentunya kegiata seperti ini semakin meluas dan menambah ukhuwah islamiyah di masjid-masjid khususnya lingkungan Kayuringin, walaupun tentunya banyak beda aliran, kita untuk saling memahami bahwa ini merupakan syiar dan mempunyai tujuan yang baik." Ujar Agus Irianto.

Ditempat yang sama H. Yoyo Sutaryo ketua RW 021 yang juga sebagai ketua Forum RW kelurahan Kayuringin Jaya menyampaikan. 

"Alhamdulillah kegiatan ini berlangsung terus dan rutian setiap bulan, kami berterimaksih sanbutan baik para ketua RW dan DKM, semoga kegiatan santunqn ini berlangsung terus bahkan bisa 26 RW yang ada di Kayuringin mampu melaksanakan kegiatan ini, walaupun sampai periode siapa nanti yang memimpin tentunya penerus-penerus kami nanti.saat ini kegiatan santunan sampai usia 17 tahun, dan untuk 18 tahun kan tidak ada santunan. Kita sudah mendapatkan info bagi yang hapal alquran 30 jus bisa mendapat beasiswa kuliah di Universitas Al Azhar Kairo." Kata H. Yoyo Sutaryo.

Tampak hadir dalam kegiatan santunan, tim pengurus santunan H. Yoyo Sutaryo, H. Irfangi, H.M Bakri Hasan, H. Dakhlan, H. Wahyu Heru Triyoso, ustadz Husein Usman, Pengurus masjid Al-Anshor RW 22 BSK, H. Hengki Brahmantio dan jajaran, Pengurus masjid Nurul Ihsan RW 025 H. Arifin Harahap dan jajaran, pengurus masjid Nurul Hikmah, pengurus masjid Al-Mubarok, ketua Forum RW H. Yoyo Sutaryo, ketua RW 002 Agus Irianto, sekretaris kelurahan Iwan Setiawan, kasie kesos Ajeng Febriyanti, Haidir staf kesos, pamor RW dan jajaran kelurahan yang lain, Babinkamtibmas Aipda Tri Yugo Amrih Dumadi, para sesepuh dan tokoh masyarakat, para pendamping anak yatim dan anak yatim yang disantuni.

Lurah Kayuringin Jaya melalui Sekretaris kelurahan Iwan Setiawan, mengapresiasi program santunan rutin kepada anak yatim. Pasalnya, ini merupakan bantuan kesekian kalinya yang rutin yang disalurkan tepat sasaran yaitu ke Anak Yatim di wilayah kelurahan Kayuringin Jaya. 

“Kami pihak kelurahan sangat apresiasi apa yang dilakukan hari ini yaitu memberikan santunan kepada anak-anak yatim. Ini adalah program yang inisiatornya Bpk Haji Irfangi. Alhamdulillah dari yang awalnya DKM satu RW sekarang sudah meningkat, bahkan hari ini 166 anak di beri sanatunan.ini adlaah langkah yang sangat baik dan tindakan yang sangat mulia. Sekali lagi kaminapresiais dan sangat berterima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya," tutur Iwan Setiawan. 

Bahkan dirinya berharap bantuan seperti ini dapat berkelanjutan, secara simultan terlebih kepada para anak yatim yang tersebar di wilayah Kayuringin Jaya. 

Tak lupa, ia mengucapkan ribuan terima kasih kepada para donatur yang telah memberi sumbangan kepada Anak Yatim.

“Kami mengucapkan terima kasih. Semoga apa yang telah diberikan kepada bisa mendapatkan pahala dan balasan yang setinggi-tingginya dari Allah,” pungkasnya. 

Reporter: Agus Wie bowo