Header Ads Widget

Hosting Unlimited Indonesia

Update

8/recent/ticker-posts

RW 012 Villa Jatirasa Kelurahan Jatirasa Mewakili Kecamatan Jatiasih Pada Penilaian Lomba Kampung Tangguh Jaya 2022




REFORMASI-ID | Kota Bekasi - Tim penilai lomba Kampung Tangguh Jaya Tahun 2022 se Kota Bekasi melakukan penilaian di lokasi RW 012 Komplek Villa Jatirasa, Kelurahan Jatirasa, Kecamatan Jatiasih, Kota Bekasi, Selasa (2/8/2022) 

Dalam sambutanya Lia Erliani selaku Kepala Bagian Tata Pemerintahan Setda Kota Bekasi sekaligus perwakilan dari tim penilai Kampung Tangguh Jaya (KTJ) Tahun 2022 yang memaparkan bahwa penilaian ini terdiri dari 5 indikator yang penilaiannya dilakukan oleh unsur Polres, Kodim, dan Perangkat Daerah terkait sesuai bidang tugasnya.

"Tentunya ini adalah penilaian yang sangat diharapkan kemenangannya untuk tingkat Kota Bekasi pada tahun ini, karena kita memilih RW terbaik dari yang terbaik, apapun hasilnya  semua RW terpilih yang mengikuti lomba Kampung Tangguh Jaya tingkat Kota Bekasi adalah  RW terbaik dan Juara di masing masing Kecamatan di Kota Bekasi," ujar Lia Erliani.


Diungkapkan, hadiah yang akan diraih ini untuk lomba Kampung Tangguh Jaya tahun 2022 untuk juara pertama nya mendapatkan 1 unit ambulance, 3 Gerobak Motor, Perahu Karet, Handy Talkie berikut juga untuk juara lainnya dengan hadiah yang telah ditentukan. 

"Hadiah ini juga kita kembalikan fungsinya untuk pelayanan masyarakat, semoga bermanfaat untuk para warga dan bisa menambah fasilitas pelayanan warga," kata Kabag Tapem.

Dalam sambutannya, Camat Jatiasih Ashari yang di wakilkan oleh Sekretaris Kecamatan Tati Hartati menyampaikan rasa terima kasih atas hadirnya tim penilai Kampung Tangguh Jaya yang hadir di wilayah kami, ia menyampaikan bahwa RW 012 Kelurahan Jatirasa Kecamatan Jatiasih, ini adalah pemenang atau yang terbaik sampai tingkat Kecamatan, sehingga diikutkan dalam penilaian lomba kampung tangguh jaya. 

"Saya ucapkan terima kasih kepada RW 012 yang membuat semua jajaran RT dan elemen yang berada di tingkat RW selalu kompak, dan dengan sarana prasarana yang tersedia untuk 5 indikator penilaian di tingkat Kota Bekasi," kata Tati Hartati. 

Camat Ashari yang dikenal dengan pantun-pantun yang segar dalam setiap kegiatan, menyambut tim penilai dengan 4 pantun yang dibacakan oleh Tati Hartati. 

Ada batang pohon berduri
Fikiran ga puguh kayak mati rasa
Selamat datang tim dewan juri
Di kampung tangguh kelurahan Jatirasa

Tukang gendang menari-nari
Pakaian  hansip di taman cibodas
Selamat datang rombongan tim juri
Penilaian positif untuk Bekasi yang lebih cerdas

Suguhan pepaya minumnya air anget
Ular berbisa mati di rawa
Kampung tangguh jaya jadi kampung tangguh banget
Villa jatirasa pasti juara

Cewek molek ketiban timba
Masuk angin ga pake baju
Kami bersolek bukan karena lomba 
Tapi ingin warga kami maju



Dalam kunjungan tim penilai yakni berlokasi di Villa Jatirasa RW 012 Kelurahan Jatirasa, kecamatan Jatiasih yang menjamu para tim penilai. RW 012 merupakan wilayah yang menjadi kebanggaan dari Kampung Tangguh Jaya di Kecamatan Jatiasih. 

Menurut Ketua RW 012 Makmurudin indikator untuk penilaian sudah melengkapi pada wilayahnya. Berikut juga dipaparkan mengenai budidaya lele, Nila, gurame yang menjadi fokus perhatian dalam sektor ketahanan pangan, pengembangan UMKM seperti abon ikan, sirup kembang teleng, kue bolu pisang, molen, boku pisang, es cincau dan lain-lain. 

Sementara itu Dedi Suhadi lurah Jatirasa memberikan apresiasi tinggi kepada peran serta aktif masyarakat khususnya RW 12.

"Keberhasilan dalam pemberdayaan masyarakat, sehingga diikutkan dalam lomba kampung tangguh jaya. 
Ini dilakukan dengan menggerakkan potensi sumber daya manusia di RW 012  secara optimal dan tidak membebani. yang digerakkan adalah orangnya serta potensi yang ada,” ujarnya.

Lanjut Dedi," kegiatan ini bukan hanya untuk mendapatkan pengakuan saja, tapi juga di harapkan dapat mendorong tingkat partisipasi masyarakat, alhamdulillh respon semua elemen sangat baik, dari RT, RW, PKK, Posyandu, karang taruna dan semuanya, sebagai wilayah yang selama ini langganan banjir saat ada banjir kiriman, warga sangat tertempa, dari situlah guyub warga terbangun, bisa dilihat betapa lingkungan sangat bersih, tanaman hijau dan penataan lingkungan yang tertata rapi dan lingkungan yang sehat."

Saat kunjungan ke lapangan untuk mensurvey masing masing indikator, para penilai langsung ke area pengembangan UMKM, Ketahanan Pangan bahkan para anggota Kodim dan Polres Metro Bekasi Kota yang masuk dalam tim penilai langsung memanfaatkan momen bertemu para sekuriti dan para anggota linmas untuk menanyakan cara sigap mengenai adanya kejahatan untuk keamanan dan kenyamanan wilayah.

Usai ke lapangan, para tim penilai juga mengevaluasi hasil dari ekspose dan kunjungan ke lapangan bahwa dari tim penilai sangat bagus ungkap dari Kabag Tapem Setda Kota Bekasi, karena hasil dari penilaian tingkat Kelurahan berlanjut ke tingkat Kecamatan sudah masuk dalam semua indikator penilaian.

Reporter: Agus Wiebowo