Header Ads Widget

Hosting Unlimited Indonesia

Update

8/recent/ticker-posts

JMMP Gelar Aksi Desak Gubernur DKI Copot Dirut TransJakarta




REFORMASI-ID | Jakarta Jaringan Muda Merah Putih (JMMP) yang berlokasi di Jl. Raya Kalipasir no 17, Jakarta Pusat, gelar aksi menuntut Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan untuk mengusut tuntas kasus PT. Transjakarta dan mencopot Dirut PT. Transjakarta. Kamis, 18 Agustus 2022.

Niat baik Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dalam membentuk suatu sistem transportasi terintegarasi secara baik di Jakarta tidak berjalan lurus dengan manajemen pengelolaan dan pengawasan Jaklingko yang dilakukan oleh PT. Transjakarta.

Banyaknya temuan kasus mulai dari dugaan korupsi dana kompensasi Covid 19 untuk para pengemudi dan pemilik unit mobil Jaklingko saat diberlakukan Lockdown yang sudah dilaporkan ke Polda Metro Jaya, kemudian adanya kasus dimana pemilik unit Jaklingko dipaksa menyerahkan alat-alat PT. Transjakarta yang tertanam didalam unit mobil Jaklingko yang kemudian diberikan kepada orang lain dengan unit berbeda sehingga muncul indikasi dugaan jual beli kuota di sistem peremajaan unit.

PT. Transjakarta tidak transparan terhadap besaran jumlah rupiah untuk setiap kilometer yang ditempuh unit mobil Jaklingko, besar jumlah rupiah yang diterima pemilik unit Jaklingko berbeda-beda dan ada perbedaan yang sangat signifikan, juga pengurangan kilometer yang sering terjadi secara mendadak sehingga merugikan pramudi dan pemilik Jaklingko. Dugaan permainan kilometer ini membebani APBD dan menggerus APBD secara tidak bertanggung jawab dan harus di usut sampai tuntas.

Kualitas alat-alat PT. Transjakarta yang tertantam di unit Jaklingko juga terlibat buruk atau berkualitas rendah sehingga perlu dipertanyakan soal proyek pengadaan barang dan jasa yang dilakukan oleh PT. Transjakarta.

Seharusnya kehadiran Jaklingko mampu menjadi jawaban atas peningkatan kesejahteraan para pengemudi angkutan umum di DKI Jakarta yang tergabung kedalam Jaklingko, bukan menjadi bancakan para oknum yang ingin memperkaya diri sendiri dari keringat para pengemudi mobil Jaklingko. Sehingga Tagline yang diusung Gubernur Anies Baswedan Maju Kotanya Bahagia Warganya dapat terwujud.

Kami dari JMMP akan terus mengawal isu ini sampai seluruh kasus menjadi terang benderang dan semua oknum yang terlibat ditangkap dan diadili.

Tuntutan kami antara lain:

1. Mendesak Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan Untuk Segera Mencopot Direktur Utama PT. Tranjakarta Karena Tidak Mampu Menyelesaikan Kasus-Kasus Yang Terjadi Dalam Program Jaklingko

2. Usut Tuntas Dugaan Jual Beli Kuota Perekrutan Unit, Peremajaan Unit, Hingga Trayek Jaklingko Yang Diduga Dilakukan Oleh Oknum PT Transjakarta.

3. Mendesak KPK Dan BPK RI Mengaudit Dan Menginvestigasi Penggunaan APBD DK Jakarta Yang Dikelola PT. Transjakarta Dalam Membayar Kilometer Unit Jaklingko Yan Diduga Terjadi Mark Up dan Penggelapan.

4. Mendesak Polda Metro Jaya Dan Kejaksaan Agung Usut Tuntas Dugaan Korupsi Dan Kompensasi Covid 19 Yang Dikelola PT. Transjakarta Untuk Pengemudi Jaklingko Saa Lockdown Hingga Kasus Tersebut Terang Benderang. 

5. Mendesak PPATK Untuk Mengaudit Rekening Pribadi Para Pejabat PT. Transjakarta Dari Kepala Hingga Ekor, Dan Menangkap Semua Oknum Yang Terlibat Dalam Kasus Tersebut diatas Tanpa Pandang Bulu. Sehingga Ada Revitalisasi Total Struktur PT. Transjakarta.

"Kami akan terus turun aksi mental isu ini sampai tuntas," pungkas Febrianes Koordinasi Aksi. 

Narsum : Koordinator Aksi Febrianes.