Header Ads Widget

Hosting Unlimited Indonesia

Update

8/recent/ticker-posts

Forum Komunikasi Mahasiswa Poltekkes Kemenkes se-Indonesia Adakan Sarasehan Nasional Forkompi 2022


REFORMASI-ID | Tasikmalaya - Sarasehan Nasional kembali diadakan oleh Forum Komunikasi Mahasiswa Poltekkes Kemenkes se-Indonesia di Poltekkes Kemenkes Tasikmalaya.

Sarasehan Nasional ini dihadiri oleh 35 Poltekkes dari 38 Poltekkes se-Indonesia secara luring, sedangkan 3 lainnya hadir secara daring. 

Sarasehan Nasional ini disambut dengan hangat oleh Mahasiswa serta Civitas Akademika Poltekkes Kemenkes Tasikmalaya, salah satunya Wakil Direktur 3 Poltekkes Kemenkes Tasikmalaya Wiwin Mintarsih P, S.SIT., M.Kes. 

Dalam Sarasehan Nasional ini terdapat beberapa agenda yang dilaksanakan, diantaranya opening ceremony, Talkshow, Dinamika Poltekkes Kemenkes, Sidang Pleno, Forkompi berbagi dan ditutup dengan city tour yang dilaksanakan di Karang Resik Tasikmalaya.


Sarasehan Nasional Forkompi 2022 dilaksanakan di Poltekkes Tasikmalaya pada tanggal 21-24 Juli 2022. 

Kegiatan ini adalah kegiatan tahunan yang dilaksanakan dengan tujuan untuk menjalin silaturahmi antar Poltekkes Kemenkes se-Indonesia sekaligus menjadi wadah untuk pemaparan Berita Acara 6 bulan kepengurusan Forkompi kepada rekan rekan Nusantara. 

Kegiatan Sarasehan Nasional Forkompi tahun ini bertemakan “Silih Paheut, Silih Wangikeun, Runtut Raut Sauyunan” maknanya ialah “Yang Jauh didekatkan, yang dekat diakrabkan, dan yang akrab saling menebar kebaikan, hidup rukun dalam kebersamaan”. 

Kegiatan hari pertama yang dilakukan adalah opening ceremony, yang didalamnya terdapat berbagai persembahan sebagai pembuka seperti pawai bendera dari delegasi tiap-tiap Poltekkes Kemenkes se-Indonesia.

Dilanjutkan dengan sambutan ibu Wakil Direktur 3 Poltekkes Kemenkes Tasikmalaya Wiwin Mintarsih, dilanjut dengan Sekretaris Jenderal Forkompi dan disambung dengan sambutan sambutan dari Badan Koordinasi Mahasiswa Kesehatan serta diakhiri dengan sambutan dari Direktur Jenderal Penyediaan Kesehatan dan pembukaan kegiatan secara resmi dengan melakukan pemukulan gong oleh Direktur Poltekkes Kemenkes Tasikmalaya. 

Acara selanjutnya adalah Talkshow dengan tema “Impostor Syndrome” yang diisi oleh pemateri dr. Gamal Albinsaid yang dilanjut dengan sesi tanya jawab. Peserta pun sangat antusias dengan sesi ini.


Kegiatan selanjutnya disambung dengan Dinamika Poltekkes. Kegiatan ini adalah salah satu sesi dimana Forkompi akan membacakan Kembali berbagai permasalahan dan isu dari setiap Poltekkes Kemenkes se-Indonesia dengan samaran nama Poltekkes yang selanjutnya akan dibahas secara bersama-sama dalam forum, untuk dicarikan jalan tengah dan jawaban dari setiap permasalahan yang ada.

Pada hari kedua, dilanjutkan dengan kegiatan sidang pleno dilanjutkan dengan pemaparan berita acara setiap pengurus dari tiap tiap bidang Forkompi. Pemaparan Berita Acara selama 6 bulan dimulai dari bidang Pemberdayaan Masyarakat (Pemas), Human Development (HD), Ekonomi Kreatif (Ekotif), Kajian dan Pergerakan Nasional (Kapnas), Komunikasi dan Informasi (Kominfo), Komunikasi Visual (Komvis), Koordinator Wilayah (Koorwil) 1,2,3,4,5 , Sekretaris Umum, Bendahara Umum, dan Sekretaris Jendral.

Pada hari ketiga, rangkaian kegiatan Sarnas diisi dengan kegiatan city tour yang diadakan di Karang Resik.

Dalam kegiatan city tour ini, terdapat rangkaian kegiatan didalamnya, yaitu melukis payung geulis, wisata karang resik, penampilan band “KRIEFT”, pentas seni, dan terakhir ditutup oleh closing ceremony dan sambutan penutup oleh Wakil Direktur 3 Poltekkes Kemenkes Tasikmalaya.

Laporan: Agus Wiebowo