Header Ads Widget

Hosting Unlimited Indonesia

Update

8/recent/ticker-posts

Amir Optimis Kelurahan Jaticempaka Akan Menjuarai Lomba Kampung Tangguh Jaya Tahun 2022



REFORMASI-ID | Kota Bekasi - Tim penilai lomba Kampung Tangguh Jaya Tahun 2022 se Kota Bekasi melakukan penilaian di lokasi Komplek Perumahan Antilop RW. 007 Kelurahan Jaticempaka,Kecamatan Pondokgede, Kota Bekasi. Selasa (2/8/2022). 

Selaras dengan tagline "HEPI" yaitu Humanis Edukatif, Profesiona dan Inovatif. Kini mengantarkan kelurahan Jaticempaka untuk mengikuti lomba Kampung Tangguh Jaya (KTJ) se kota Bekasi mewakili kecamatan Pondokgede.

Dalam sambutanya Lia Erliani selaku Kepala Bagian Tata Pemerintahan Setda Kota Bekasi sekaligus perwakilan dari tim penilai Kampung Tangguh Jaya (KTJ) Tahun 2022 yang memaparkan bahwa penilaian ini terdiri dari 5 indikator yang penilaiannya dilakukan oleh unsur Polres, Kodim, dan Perangkat Daerah terkait sesuai bidang tugasnya.



"Tentunya ini adalah penilaian yang sangat diharapkan kemenangannya untuk tingkat Kota Bekasi pada tahun ini, karena kita memilih RW terbaik dari yang terbaik, apapun hasilnya  semua RW terpilih yang mengikuti lomba Kampung Tangguh Jaya tingkat Kota Bekasi adalah  RW terbaik dan Juara di masing masing Kecamatan di Kota Bekasi." Ujar Lia Erliani.

Diungkapkan, hadiah yang akan diraih ini untuk lomba Kampung Tangguh Jaya tahun 2022 untuk juara pertama nya mendapatkan 1 unit ambulance, 3 Gerobak Motor, Perahu Karet, Handy Talkie berikut juga untuk juara lainnya dengan hadiah yang telah ditentukan. 

"Hadiah ini juga kita kembalikan fungsinya untuk pelayanan masyarakat, semoga bermanfaat untuk para warga dan bisa menambah fasilitas pelayanan warga." Kata Kabag Tapem.

“Dengan adanya perlombaan ini diharapkan semua lingkungan di tingkat RW baik yang mewakili lomba ataupun yang belum untuk terus meningkatkan pelayanannya kepada masyarakat di lingkungan,”ucap mantan Camat Medan satria itu. 

Masih menurut Lia, penilaian Kampung Tangguh Jaya dilaksanakan secara berjenjang dari tingkat kelurahan, kecamatan dan terakhir tingkat kota. Adapun pengumuman Juara Lomba Kampung Tangguh Jaya Tingkat  Kota Bekasi akan disampaikan  pada puncak HUT RI tanggal 17 Agustus 2022.



“Apapun hasilnya nanti, RW tersebut sudah menjadi juara di setiap Kecamatannya masing-masing dan pasti yang terbaik” papar Lia.

Sementara itu Camat Pondokgede Zainal Abidin Syah menyampaikan rasa terima kasih atas hadirnya tim penilai Kampung Tangguh Jaya yang hadir di wilayah Pondokgede, ia menyampaikan bahwa RW.007 Kelurahan Jaticempaka, Kecamatan Pondokgede, ini adalah pemenang atau yang terbaik sampai tingkat Kecamatan, sehingga diikutkan dalam penilaian lomba kampung tangguh jaya. 

"Saya ucapkan terima kasih kepada RW. 007 yang membuat semua jajaran RT dan elemen yang berada di tingkat RW selalu kompak, dan dengan sarana prasarana yang tersedia untuk 5 indikator penilaian di tingkat Kota Bekasi." Kata  Zainal Abidin. 

Dalam kunjungan tim penilai yakni berlokasi di komplek Perumahan Antilop RW.007 Kelurahan Jaticempaka, kecamatan Pondokgede yang menjamu para tim penilai. RW.007 merupakan wilayah yang menjadi kebanggaan dari Kampung Tangguh Jaya di Kecamatan Pondokgede. 

Menurut Ketua RW. 007 Komplek Perumahan Antilop Dony S Karyadi, indikator untuk penilaian sudah melengkapi pada wilayahnya. Berikut juga dipaparkan mengenai budidaya Ikan, Ketahanan Pangan dan pemberdayaan UMKM yang menjadi fokus perhatian dalam sektor ketahanan pangan, pengembangan UMKM seperti Jamu, minuman kesehatan, kue bolu, tahu dan beraneka makanan dan minuman kesehatan. Dalam menjaga lingkungan agar tetap sehat RW. 007 membudayakan dengan 5R yaitu, resik, rawat, rajin, rapi dan ringkas. 

Sementara itu Amir, lurah Jaticempaka memberikan apresiasi tinggi kepada peran serta aktif masyarakat khususnya RW. 007.

"Keberhasilan dalam pemberdayaan masyarakat, sehingga diikutkan dalam lomba kampung tangguh jaya. Ini dilakukan dengan menggerakkan potensi sumber daya manusia di RW. 007 secara optimal dan tidak membebani. yang digerakkan adalah orangnya serta potensi yang ada, maka dari itu kami samgat optimis akan meraih juara, " ujarnya.

Lanjut Amir," Semua dilakukan oleh pihak kelurahan yang aktif. Dari lurah, para kasi,  staf dan pamor,  linmas,  ketua RW, ketua RT,  PKK,  Posyandu, Pokdar, Karang taruna,  semua bersinergi untuk sebuah kemajuan. kegiatan ini juga bukan hanya untuk mendapatkan pengakuan saja, tapi juga di harapkan dapat mendorong tingkat partisipasi masyarakat. 

Alhamdulillh respon semua elemen sangat baik, dari RT, RW, PKK, Posyandu, karang taruna dan semuanya, sebagai wilayah yang warganya tangguh dalam segala hal dan memenuhi 5 kriteria, tangguh kesehatan, tangguh ketahanan pangan dan UMKM, tangguh ketentraman dan ketertiban, tangguh penanganan bencana dan tangguh pengelolaan lingkungan. Jadi warga Komplek Perumahan Antilope RW. 007 itu sudah sangat tertempa, dari situlah guyub warga terbangun dan tangguh dal segala hal, bisa dilihat betapa lingkungan sangat bersih, tanaman hijau dan penataan lingkungan yang tertata rapi dan lingkungan yang sehat." terang Amir. 

Saat kunjungan ke lapangan untuk mensurvey masing masing indikator, para penilai langsung ke area pengembangan UMKM, Ketahanan Pangan bahkan para anggota Kodim dan Polres Metro Bekasi Kota yang masuk dalam tim penilai langsung memanfaatkan momen bertemu para sekuriti dan para anggota linmas untuk menanyakan cara sigap mengenai adanya kejahatan untuk keamanan dan kenyamanan wilayah.

Usai ke lapangan, para tim penilai juga mengevaluasi hasil dari ekspose dan kunjungan ke lapangan bahwa dari tim penilai sangat bagus ungkap dari Kabag Tapem Setda Kota Bekasi, karena hasil dari penilaian tingkat Kelurahan berlanjut ke tingkat Kecamatan sudah masuk dalam semua indikator penilaian.

Reporter: Agus Wiebowo