Header Ads Widget

Hosting Unlimited Indonesia

Update

8/recent/ticker-posts

Meskipun Hujan Deras Kelurahan Jaticempaka dengan HEPI Laksanakan Kerja Bakti K3



REFORMASI-ID | Kota Bekasi - Di tengah guyuran hujan deras, Kelurahan Jaticempaka tetap melaksanakan kerja bakti Ketertiban, Kebersihan dan Keindahan (K3) diseputar Jalan Masjid Raya wilayah RW 012 Kelurahan Jaticempaka. kecamatan Pondokgede,  Kota Bekasi, Sabtu (16/7/2022)

Dengan mengangkat tema," Ayo Rame-Rame Bersihkan Lingkungan, Kita Kembali ke
Budaya Gotong Royong Menuju Jaticempaka yang Hepi (Humanis, Edukatif, Profesional dan Inovatif)
 
Camat Pondokgede Zainal Abidin Syah dan lurah Jaticempaka Amir memantau dan memimpin langsung pelaksanaan program Ketertiban Kebersihan dan Keindahan (K3) diwilayah kelurahan Jaticempaka.

Tampak peserta kerja bakti tetap bersemangat mengumpulkan sampah, rumput dan daun-daun dari pepohonan yang dipangkas. Sementara petugas dari unit reaksi cepat dinas lingkungan hidup Pondokgede yang dilibatkan, juga memotong dan memangkas rumput liar dan mengangkut ke dalam mobil yang sudah disediakan. 



Pada kesempatan itu Camat Pondokgede Zainal Abidin Syah mengajak masyarakat khususnya warga yang ada dikelurahan Jaticempaka untuk meningkatkan kualitas lingkungan dengan rutin melakukan kegiatan kerja bakti.

"Kami berharap masyarakat untuk semangat dan terus melakukan kerja bakti secara rutin. Untuk itu saya minta kepada lurah memantau langsung pelaksanaan kerja bakti ini. Kerja bakti ini memang sudah terjadwal di masing-masing kelurahan,  jadi bukan berarti kerja bakti K3 ini tanggung jawab kelurahan, tapi tanggung jawab RT,  RW dan semua masyarakat," ujar Zainal Abidin. 

Amir, Lurah Jaticempaka di lokasi kegiatan menyampaikan kerja bakti ini rutin dilaksanakan setiap minggu.

"Seperti biasa kami adakan apel pagi hari. Pengarahan dan kita lakukan kerja bakti. Alhamdulillah walaupun hujan kerja bakti tetap bisa terlaksana dengan baik dan dihadiri semua, terkecuali memang yang ada tugas khusus pelayanan warga jadi kami bolehkan tidak ikut kerja bakti ini. Dalam setiap kerja bakti seperti ini semua kami libatkan termasuk pelaku usaha dan semua unsur, dan kerjasama seperti ini tentunya sudah kami komunikasikan kepada RT dan RW,  pelaku usaha dan warga, jadi sudah tahu semua," ucapnya.



Sementara itu Supriyadi,  kasi bidang pemerintahan dan ketertiban (Pemtibum) memperjelas kembali apa yang disampaikan lurah Amir," Kita hari ini bersama-sama kerja bakti,  kita bersihkan selokan, kita angkut sampah, angkut yang nyumbat, pangkas dahan-dahan pohon. Alhamdulillah semua bisa ikut dan terlibat, semua unsur kelurahan, unsur kecamatan, Linmas, URC LH, Linmas,  pamor, RT, RW, Karangtaruna dan warga sekitar semua terlibat, termasuk dari ibu-ibu PKK juga menyiapkan konsumsi. 

Lanjut Supriyadi, "Kegiatan saba wilayah kelurahan Jaticempaka dengan hari ini melakukan kegiatan K3 ini adalah rutin setiap minggu, apalagi saat hujan yang turun sewaktu-waktu itu menjadi ancaman tersendiri yaitu meningkatnya populasi nyamuk karena perkembangbiakan dan pertumbuhan larva nyamuk yaitu genangan air lebih banyak tersedia.

"Untuk itu kami menghimbau warga untuk selalu membersihkan lingkungan masing-masing dan kami ingatkan juga warga untuk melaksanakan 3 M. Yaitu menutup Menguras dan mengubur. Hal ini perlu diperhatikan oleh masyarakat karena selain genangan air nyamuk aedes agypti juga berkembang biak ditempat kotor seperti sampah." tandas Supriyadi. 

Sementara itu Sunarno ketua RW 012 kelurahan Jaticempaka menambahkan,
"Alhamdulillah bersama kepengurusan dan para ketua RT, kebetulan kami ada 3 RT kami rapatkan mengenai kegiatan kerja bakti K3, saya maksimalkan para RT untuk kontribusi dalam kerja bakti K3, alhamdulillah semua hadir dan kegiatan kerja Bakti K3 bisa berjalan lancar," tutur Sunarno. 

Kerja bakti K3 dibantu oleh Unit Reaksi Cepat (URC)  dibawah naungan Markum selaku kepala UPTD Lingkungan Hidup Kecamatan Pondokgede yang mengerahkan armada mobil pengangkut dan 10 orang tenaga angkut. 

Reporter: Agus Wiebowo