Header Ads Widget

Hosting Unlimited Indonesia

Update

8/recent/ticker-posts

Lomba Kinerja Kelurahan Tingkat Kota Bekasi, Kelurahan Jatikramat Optimis Mengikuti Perlombaan


REFORMASI-ID| Kota Bekasi - Kelurahan Jatikramat terpilih menjadi salah satu kelurahan yang mewakili kecamatan Jatiasih dalam rangka Lomba Kinerja Kelurahan tahun 2022 yang digelar oleh Pemerintah Kota Bekasi.Penilaian Lomba bertempat di Kantor Kelurahan Jatikramat, Kecamatan Jatiasih, Kota Bekasi, Selasa (24/5/2022)

Dalam lomba kinerja kelurahan sekota Bekasi melibatkan unsur tim penilai dari bidang pemerintahan yang terdiri dari Akademisi ilmu perintahan, Disparbud dan Diskominfostandi.

Untuk tim penilai dari bidang kewilayahan terdiri dari Bapelitbangda, diskop UMKM, BPBD. Adapun tim penilai dari unsur kemasyarakatan terdiri dari Dinkes, Satpol PP, Disdik, DP3A, Dinsos.


Aspek penilaian dalam hal peninjauan lapangan meliputi, Posyandu. Kampung KB, Rumah sehat, Tanaman obat, Ruang sekretariat PKK kelurahan, PAUD/Taman Bacaan, Poskamling. tempat UMKM unggulan Koperasi berprestasi serta tempat inovasi dan unggulan lainnya. 

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Camat Jatiasih, Hj Mariana beserta sekretaris camat dan jajaran staf, Kepala Bagaian tata pemerintahan, Lia Erliani,Lurah Jatikramat, Fuad Hasan dan semua aparatur kelurahan, Lurah sekecamatan Jatiasih, 

Babinsa, Pelda Suparno, Serma Basri, Serda suharto. Bimaspol Aiptu Marhaban, Ketua FKRW, Ketua TP PKK, Ketua tim penilai, OPD-OPD yang terlibat di dalam tim penilaian, serta para tokoh masyarakat, LPM, BKM, Linmas, Ketua RW, Ketua RT, Karang Taruna. 

Mereka begitu antusias mendengarkan pemaparan dan penilaian kinerja Kelurahan Jatikramat.


"Pelaksanaan lomba kelurahan ini di maksudkan untuk mendorong kelurahan bersaing Secara sportif dan positif serta meningkatkan motivasi sebagai upaya menerapkan dan mengembangkan inovasi dalam menyelenggarakan urusan kelurahan dengan tujuan untuk mengetahui pencapaian." Ujar Lia Erliani, Kepala Bagaian Tata Pemerintahan Kota Bekasi sekaligus Ketua tim penilai. 

Lanjut Lia," Bahwa kelurahan Jatikramat kecamatan Jatiasih mengikuti lomba penilaian ini tentunya sudah melewati tahapan-tahapan. Pedoman dimana adanya lomba ini permendagri no 81 tahun 2015 tentang efaluasi perjuangan desa dan kelurahan." Tandas Lia. 

Sementara itu Fuad Hasan, lurah Jatikramat mengatakan, bahwa ia mengharapkan tim agar membawa Kelurahan Jatikramat menjadi juara dalam penilaian kinerja kelurahan terbaik tingkat Kota Bekasi Tahun 2022.

“Yang jelas sebelumya telah diadakan ditingkat kecamatan, walaupun tidak semeriah ini.Jadi sudah kita lakukan penilaian, yang mendukung dari kecamatan Jatiasih.dan saat ini lomba kinerja, artinya hasil kerja yang dinilai. Kami telah menyiapkan semuanya. Jadi kelurahan Jatikramat adalah kelurahan yang tepat mewakili kecamatan Jatiasih. kami kelurahan aktif melakukan sinergi dengan semua unsur, dengan Babinsa, Bimaspol, Puskesmas, LPM, BKM, PKK, Posyandu, Satgas, RT, RW. Kami optimis mengikuti perlombaan ini." Tegas Fuad Hasan. 

"Ada 3 RW yang masuk dalam kriteria penilaian, Masing-masing telah menyiapkan keunggulan-keunggulan. Seperti di RW 03 ada Rumah Sehat, Kebun Toga, Pembudidayaan Jamur, Lele, PAUD, Posyandu. 

Untuk di RW 08 ada Poskamling, Inovasi pelayanan Pada Masyarakat, UMKM seperti Ikan Hias, Kripik dan Madu. 

Di RW 05 kita punya kampung KB yang dilakukan untuk penanggulangan pertumbuhan penduduk di Kota Bekasi." Jelas Fuad Hasan. 

Sementara itu Arief Mustaqim, Pemilik Rumah Sehat merasa senang rumahnya diikutkan dalam penilaian rumah sehat, dirinya menaruh harapan besar supaya lomba kinerja kelurahan sekota Bekasi kelurahan Jatikramat menjadi juara satu. 

"Pertama Saya mengucapkan terimakasih atas kepercayaan ini. Sehingga rumah kami masuk dalam penilaian tim dari Pemerintah Kota Bekasi dalam kriteria rumah sehat. Semoga kelurahan Jatikramat menang," Kata Arief. 

Lanjutnya," Rumah ini adalah rumah adat Manado dari Wolohan, yang mana mempunyai kelebihan fentilasi yang banyak, dan karena ada lahan kami kasih tanaman juga, jadi kelihatan lebih indah. 

Saya senang dan bangga Rumah ini masuk dalam penilaian tim penilai dari pemerintah Kota Bekasi, rumah ini rumah yang biayanya murah dan praktis pemasanganya, biaya hanya 55 juta, dan ongkos kirim 15 juta.jadi sangat murah sekali. kami bangun hanya dalam waktu tiga minggu.

Reporter: Agus Wiebowo