Header Ads Widget

Hosting Unlimited Indonesia

Update

8/recent/ticker-posts

Pangdam Jaya/Jayakarta Tinjau Langsung Proses Penyaluran BTPKLWN


REFORMASI-ID | Jakarta - Pangdam Jaya/Jayakarta Mayjen TNI Untung Budiharto, meninjau langsung kegiatan penyaluran Bantuan Tunai Pedagang Kaki Lima, Warung, dan Nelayan ( BTPKLWN ) tahun 2022 di Makodim 0502/JU, Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Selama masa pandemi covid-19, selain berkiprah menggelar kegiatan vaksinasi bagi warga, pihaknya juga membantu pemerintah dalam menyalurkan BTPKLWN.

Dalam hal pendataan warga yang berhak menerima bantuan dilakukan oleh Babinsa dan Bhabinkamtibmas yang terjun langsung di lapangan guna menginput warga di wilayah binaannya sampai dengan membantu proses verifikasi data serta penyaluran bantuan langsung ke warga tersebut.

"Kegiatan ini merupakan penyerahan bantuan tunai dari pemerintah turun ke Mabes TNI kemudian didistribusikan ke masing - masing Kodim untuk kemudian diserahkan kepada pedagang kaki lima, warung dan nelayan," ujar Untung.


Lebih lanjut, Untung mengatakan, dalam penyelenggaraan pemberian BTPKLWN, Kodam Jaya semaksimal mungkin berupaya membantu pemerintah agar bantuan tersebut tepat sasaran, sesuai peruntukannya, dengan harapan masyarakat benar-benar terbantu dalam upaya memulihkan atau membantu perekonomiannya.

Sekedar diketahui Dalam hal ini Kodam Jaya dipercaya untuk menyalurkan bantuan dibeberapa titik yang tersebar di seluruh Indonesia senilai 45 miliar.

"Dari bantuan ini nantinya masyarakat yang terdata masing-masing akan mendapatkan Rp 600 ribu/orang," kata Untung.

"Untuk di jajaran Kodam Jaya, akan dilaksanakan di 3 titik yaitu di Kodim 0502/Jakarta Utara, Kodim 0508/Depok dan Kodim 0506/Tangerang," terangnya.

Untung merinci jumlah target masyarakat di masing - masing Kodim, Kodim 0502/JU 25.000, Kodim 0508/Depok 24.000 dan Kodim 0506/Tgr 26.000.

Sesuai mekanisme atau prosedur yang sudah ditetapkan oleh pemerintah, sehingga tidak ada duplikasi dengan BPUM (Bantuan Produktif Usaha Mikro).

Ia berharap, selama penyelenggaraan penyaluran BTPKLWN selama 20 hari dalam bulan Ramadhan ini masyarakat sudah menerima bantuan tersebut. 

Kegiatan penyaluran bantuan sekaligus juga dipadukan dengan giat vaksinasi dan penyerahan sembako bagi masyarakat yang kurang mampu.

(HM)