Header Ads Widget

Hosting Unlimited Indonesia

Update

8/recent/ticker-posts

Kongkow Bareng Polisi, Senkom Mitra Polri Lebih Aktif dan Peka Terhadap Perkembangan dan Tetap utamakan Keselamatan


REFORMASI-ID | Kota Bekasi - Anggota Senkom Mitra Polri untuk lebih aktif dalam kegiatan Keamanan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas), diharapkan bisa tertib diri dan peka terhadap perkembangan situasi. 

Hal ini disampaikan Aiptu Sulistanto, Bhabinkamtibmas Kelurahan Jakasampurna dalam acara kongkow bareng Senkom Mitra Polri di gedung Sekretariat Senkom Mitra Polri Kelurahan Jakasampurna, Kecamatan Bekasi Barat, Kota Bekasi. Minggu, (17/4/2022).

"Senkom itu hadir ditengah masyarakat untuk memberikan suluh dalam peningkatan kesadaran Kamtibmas dan hukum, untuk itu anggota senkom agar mampu membangun komunikasi yang efektif dan intensif dengan masyarakat, kelompok dan atau komunitas, membangun dan mengembangkan kemitraan dengan segenap komunitas dalam memelihara situasi Kamtibmas dan mendorong partisipasi masyarakat dalam menumbuh kembangkan daya cegah tangkal dini terhadap segala bentuk gangguan kamtibmas," kata Aiptu Sulistanto. 

Kepekaan sebagai anggota Senkom sangat diperlukan, terlebih di masa pandemi Covid-19 dan saat ini bulan Ramadhan banyak terjadi kriminalitas yang melibatkan para remaja. 

"Kami berharap Senkom dan memelihara keamanan, ketertiban wilayah masing-masing. Kalau ditemukan hal-hal yang sekiranya perlu dilaporkan polisi segera laporkan, untuk itu perlu kordinasi yang cepat dengan dibuat grup dengan memasukkan kami dari kepolisian di dalamnya, selain itu tentunya akan lebih cepat mengakses informasi," terang Sulistanto. 

Lanjutnya," Sebagai Mitra Polri Senkom untuk lebih aktif lagi, misalkan saja saat ini diwajibkan vaksin, Senkom adakan sendiri, semua anggota Senkom untuk di vaksin, baru setelah itu bisa woro-woro ke yang lain, atau melihat Polri saat ini aktif dalam pengamanan bulan Ramadhan dengan banyaknya aksi tawuran, kenakalan remaja, balap liar, begal dan lain-lain, Senkom untuk lebih peka dan aktif, jangan owel, sisihkan waktu, aktif juga di masyarakat misalkan ada kerja bakti, ada kematian dan lain-lainya. usahakan tetap pakai seragam Senkom."

"Karena itu merupakan identitas supaya masyarakat tahu itulah Senkom Mitra Polri yang aktif. Kami pihak kepolisian sangat terbuka dan senang dengan kehadiran teman-teman Senkom," ungkap Sulistanto. 

Tapi, sambungnya, bagaimanapun tetap utamakan keselamatan apapun kegiatannya, jangan sampai banyak kegiatan diluar melupakan keselamatan keluarga sendiri. Sekali lagi perbanyak informasi, saling kordinasi setiap ada acara dan tetap utamakan keselamatan," tandasnya.

Sementara itu H. Priyadi Ismunarto, pembina Senkom yang hadir kongkow bareng polisi mengatakan, kongkow bareng  dilaksanakan dalam rangka menjalin kemitraan.

Dijelaskan, Senkom Mitra Polri adalah kelompok masyarakat yang tidak hanya berperan dalam membantu menginformasikan dan membantu pengamanan Kamtibmas, tapi juga bidang sosial.

"Khusus Bidang Kamtibmas Senkom Mitra secara intens selalu berkoordinasi dengan Polri. Termasuk membantu tugas Polri dalam pencegahan dan penyalahgunaan narkoba," ujar H. Priyadi.

"Dengan TNI, terutama dalam menjaga keutuhan NKRI, dimana setiap anggota Senkom yang sudah dilatih selalu siap di mana pun ditugaskan untuk bela negara, sedangkan dengan pemerintah, melalui Basarnas dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Senkom Mitra Polri selalu siap siaga bertugas. Baik diminta atau tidak, dalam penanggulangan setiap bencana,” pungkas H. Priyadi. 

Reporter: Agus Wiebowo