Header Ads Widget

Hosting Unlimited Indonesia

Update

8/recent/ticker-posts

Empat Pilar Kelurahan Jatimelati Laksanakan Vaksinasi Bagi Lansia dan Dilakukan Door to Door



REFORMASI-ID | Kota Bekasi - Aparatur Kelurahan Jatimelati, Puskesmas, Bhabinkamtibmas, Babinsa, dan dibantu  ibu-ibu kader PKK,  Posyandu,  Karang Taruna bahu membahu melaksanakan kegiatan Vaksinasi secara door to door kerumah warga diwilayah kelurahan pondokmelati.

"Acara ini diselenggarakan oleh 4 pilar. Semua turun bahu membahu, baik dari Bhabinsa,  Binmaspol, pihak kelurahan, Puskesmas serta dibantu oleh ibu-ibu PKK, Posyandu, Karang Taruna, ini vaksinasi khusus untuk Lansia, selain untuk mendekatkan ke masyarakat vaksin Lansia ini wajib karena Lansia sangat rentan," ujar Marsan Suganda,  SE, PLT. Lurah Jatimelati diposko Sekber Kamtibmas yang berlokasi di Kelurahan Jatimelati, Jalan Yanatera IV RT.05/01 Perum Bulog 2 Jatimelati, Kecamatan Pondokmelati, Kota Bekasi, Rabu (2/3/2022).

"Vaksin Lansia ini adalah target pemerintah pusat dan pemerintah daerah tingkat 1 dan 2, dan juga pemerintah Kota Bekasi yaitu Kecamatan Pondokmelati. Bersama 4 pilar kita adakan kegiatan ini secara intensif. Tentu tujuannya adalah meningkatkan herd immunity," ujar Marsan.

Pelaksanaan vaksinasi lansia di Kelurahan Jatimelati dimanfaatkan oleh pihak Kelurahan untuk sosialisasi kesehatan dan edukasi bagi Lansia dan warga yang ditemui.

"Dalam pelaksanaan vaksinasi Lansia ini kita lakukan door to door karena banyak kendala yang dihadapi di wilayah khususnya masalah edukasi, jadi kita adakan pendekatan bahwa vaksin ini halal dan aman. Namun demikian tetap saja ada kendala, karena warga Lansia usia diatas 60 ini ada yang  darah tinggi dan penyakit penyerta lainnya. Vaksin ini kita kejar sesuai arahan PLT Walikota, kami menyisir Lansia door to door sesuai data yang ada. Karena kita semua tahu Lansia itu usia yang sangat rentan,  jadi perlu dibantu. Adapun untuk Lansia yang selama ini memiliki penyakit penyerta atau komorbid diharapkan kontrol dulu ke dokter,  pastikan dokter memberikan keterangan layak vaksinasi," jelasnya.

Lebih lanjut Marsan menyampaikan bahwa selain kegiatan vaksinasi Lansia,  juga sosialisasi protokol kesehatan pada warga Lansia dan warga yang dijumpai dijalan.

"Dari sekian banyak yang kita kunjungi dengan adanya kendala-kendala seperti tidak bisa divaksin karena  komorbid, saya menghimbau pada warga Kelurahan Jatimelati agar protokol kesehatan 5M supaya diterapkan karena Covid-19 masih ada dan masih nyata dan memapar warga tidak pandang bulu, tidak pandang kaya miskin, tidak pandang pangkat dan jabatan, apabila sudah tepapar akan berakibat fatal khususnya Lansia, jangan bosan-bosan melakukan sosialisasi protokol kesehatan,  patuhi 5M yaitu patuhi protokol kesehatan Memakai masker, Mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun, Menjaga Jarak, Menjauhi kerumuman,  Menghindari kontak dan Membatasi  mobilisasi," tegas Marsan.

Peran penting dalam setiap kegiatan  dilibatkan semua elemen masyarakat, salah satunya  Karang Taruna, seperti disampaikan Aming Sukirman. Ketua Karang Taruna Kecamatan Pondokmelati.

"Kami Karang Taruna selalu ambil peran dalam setiap kegiatan, dan dimasa pandemi Covid-19 ini kami ikut dalam berbagai kegiatan,  seperti sosialisais protokol kesehatan. Pembagian masker,  memberikan bantuan pada warga yang isolasi mandiri, pelaksanaan vaksin. Dalam acara apa saja tentunya kami Karang Taruna selalu siap dilibatkan," tutup Aming.

Reporter: Agus Wiebowo