Header Ads Widget

Hosting Unlimited Indonesia

Update

8/recent/ticker-posts

Vaksin Lansia di Laksanakan Secara Door To Door Oleh Empat Pilar Kelurahan Jatibening Baru



REFORMASI-ID | Kota Bekasi - Aparatur Kelurahan Jatibening Baru, Puskesmas,  Bhinmaspol,  Bhabinsa, dan dibantu ibu-ibu Kader PKK, Posyandu,  Karang Taruna bahu membahu  melakukan kegiatan vaksinasi secara door to door kerumah warga diwilayah Kelurahan Jatibening Baru, Kecamatan Pondokgede, Kota Bekasi.

"Acara ini diselenggarakan oleh 4 pilar. Semua turun bahu membahu, baik dari Bhabinsa,  Bhinmaspol, pihak kelurahan, Puskesmas serta dibantu oleh ibu-ibu PKK, Posyandu, Karang Taruna, ini vaksinasi khusus untuk Lansia, selain untuk mendekatkan ke masyarakat vaksin Lansia ini wajib karena Lansia sangat rentan," ujar Mulyadi, S.H., M.M, Lurah Jatibening Baru dikantornya yang berlokasi di Jalan Jati Utama Raya, Jatibening Baru, Kec. Pondokgede.

Vaksin lansia ini, sambungnya, adalah target pemerintah pusat dan pemerintah daerah tingkat 1 dan 2, dan juga pemerintah Kota Bekasi yaitu kecamatan Pondokgede, Kecamatan Jatibening Baru. Bersama 4 pilar kita adakan kegiatan ini secara intensif. Tentu tujuannya adalah meningkatkan herd immunity. Rabu, (16/2/2022).

Menurut Mulyadi tingkat ketercapaian vaksin Lansia saat ini baru mencapai 58 persen per tanggal 2 Januari.

"Tingkat ketercapaian vaksin baru 58 persen per tanggal 2 Januari, mudah-mudahan dengan vaksinasi yang intensif dan terus menerus ini target vaksin 75 persen bisa tercapai," tegas  Mulyadi.

Pelaksanaan vaksinasi lansia di Kelurahan Jatibening Baru dimanfaatkan oleh pihak Kelurahan untuk sosialisasi kesehatan dan edukasi bagi Lansia dan warga yang ditemui.

"Dalam pelaksanaan vaksinasi Lansia ini kita lakukan door to door karena banyak kendala yang dihadapi di wilayah khususnya masalah edukasi, jadi kita adakan pendekatan bahwa vaksin ini halal dan aman. Namun demikian tetap saja ada kendala, karena warga Lansia usia diatas 59 ini ada yang  darah tinggi dan penyakit penyerta lainnya. Vaksin ini kita kejar sesuai arahan PLT Walikota, kami menyisir Lansia door to door sesuai data yang ada. Karena kita semua tahu lansia itu usia yang sangat rentan,  jadi perlu dibantu. Adapun untuk lansia yang selama ini memiliki penyakit penyerta atau komorbid diharapkan kontrol dulu ke dokter,  pastikan dokter memberikan keterangan layak vaksinasi," ujar Mulyadi.

Lebih lanjut Mulyadi menyampaikan bahwa selain kegiatan vaksinasi Lansia,  juga sosialisasi protokol kesehatan pada warga Lansia dan warga yang dijjumpai dijalan.

"Dari sekian banyak yang kita kunjungi dengan adanya kendala-kendala seperti tidak bisa divaksin karena  komorbid, saya menghimbau pada warga Kelurahan Jatibening Baru agar protokol kesehatan 5M supaya diterapkan karena Covid-19 masih ada dan masih nyata dan memapar warga tidak pandang bulu, tidak pandang kaya miskin, tidak pandang pangkat dan jabatan, apabila sudah tepapar akan berakibat fatal khususnya Lansia, jangan bosan-bosan melakukan sosialisasi protokol kesehatan,  patuhi 5M yaitu patuhi protokol kesehatan Memakai masker, Mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun, Menjaga Jarak, Menjauhi kerumuman,  Menghindari kontak dan Membatasi  mobilisasi," tutup Mulyadi.

Reporter: Agus Wiebowo