Header Ads Widget

Hosting Unlimited Indonesia

Update

8/recent/ticker-posts

Menyasar Lansia, 4 Pilar Kelurahan Kayuringin Jaya Gelar Vaksin Door To Door



REFORMASI-ID | Kota Bekasi - Aparat TNI dari koramil 01 Kranji Kodim 0507, Aparatur Kelurahan Kayuringin Jaya, Puskesmas,  Bimaspol,  Babinsa, dan dibantu ibu-ibu PKK  bahu membahu  melakukan kegiatan vaksinasi secara door to door kerumah warga dan vaksinasi bertempat di Aula RW 10 Jalan Pesut Raya, Kelurahan Kayuringin Jaya, Kecamatan Bekasi Selatan Kota Bekasi,  Rabu (16/2/2022)

"Aula Kantor RW ini sangat berguna, sangat bermanfaat,  kami ibu-ibu PKK selalu dilibatkan dalam kegiatan kelurahan yang ditempatkan di RW. Seperti kegaitan vaksinasi saat ini. Kami sudah 5 hari dilibatkan, kami bertiga hari ini, jadi kami batasi tidak semua dilibatkan. Seperti saya sendiri saat libur tidak mengajar baru bisa ikut gabung. Ini adalah kerja sosial, kita senang melakukan,  Karena kalau bukan kita siapa lagi. Dalam kegitan vaksin ini kami dilibatkan dalam membantu pelayanan pendaftaran dan bagaian konsumsi," ujar Jubirah Eriati, kader PKK RW 10 yang juga seorang guru sekolah.

Hadir dalam kegiatan vaksin lansia, Iwan Setiawan, sekretaris kelurahan Kayuringin Jaya, Ajeng Febrianti, Kasi Kesos, H. Isdianto, Ketua LPM, Danramil 01 kranji, Mayor Inf Choirul Anam, Bhabinkamtibmas, Aiptu Triyugo Amrih Dumadi, Babinsa, Serka Sutrisno dan Serka Darjo, Petugas Pamor, Kader PKK.

Sementara itu Serka Sutrisno, Babinsa kelurahan Kayuringin jaya menyampaikan  bahwa kegiatan vaksin lansia diselenggarakan 4 pilar denga tujuan untuk menciptakan herd immunity.

"Acara ini diselenggarakan oleh 4 pilar. Semua turun bahu membahahu, baik dari Babinsa,  Bimaspol,  pihak kelurahan, Puskesmas dan dibantu ibu-ibu PKK.ini vaksinasi untuk lansia , karena lansia ini wajib karena lansia sangat rentan.tapi seandainya tidak mau ya kita tidak bisa memaksa. Yang penting ada semacam pernyataan, jadi kami ada pegangan. selain itu vaksin ini adalah program pemerintah jadi kami harus melaksanakan dengan maksimal," tukasnya.

Lanjutnya," Selain kegiatan Vaksin ini setiap hari kami melaksanakan war war mengingatkan protokol kesehatan."

Kegiatan vaksin di RW 10 Kayuringin Jaya tidak hanya menyasar lansia, anak-anak dan dewasa tetap dilayani, terlihat siswa kelas 5 Sekolah Dasar atas nama Ayu Nayla Chalisa Hakim  ikut divaksin. Usai divaksin Ayu mengaku senang dan menyampaikan ucapan terimakasih.

"Saya senang sudah disuntik vaksin,  terimakasih pak lurah kayuringin jaya, TNI,  Polri, Nakes dan semuanya, semoga kita semua sehat ya," kata Ayu.

Pelaksanaan vaksinasi lansia di kelurahan Kayuringin Jaya dimanfaatkan oleh pihak kelurahan untuk sosialisasi kesehatan dan edukasi  bagi lansia dan warga yang hadir.

"Hari ini vaksinasi lansia dan umum,  memang vaksinasi ini untuk memenuhi target, bahwa warga dikota Bekasi supaya menjadi sehat.Jadi pada prinsipnya pemerintah ini memfasilitasi warganya supaya tetap sehat dimasa pandemi,  jadi selain melakukan vaksin ditempat seperti dikantor RW ini, sesuai arahan PLT Walikota kami juga menyisir lansia door to door sesuai data yang ada. Karena kita semua tahu lansia itu usia yang sangat rentan,  jadi perlu dibantu. Adapun untuk lansia yang selama ini memiliki penyakit penyerta atau komorbid diharapkan kontrol dulu ke dokter,  pastikan dokter memberikan keterangan layak vaksinasi," ujar Ajeng.

Lebih lanjut Ajeng menyampaikan bahwa selain kegiatan vaksinasi lansia, disampaikan juga sosialisasi protokol kesehatan pada warga yang hadir ke kantir RW atau yang dijumpai dijalan.

"Jangan bosan-bosan melakukan sosialisasi protokol kesehatan, patuhi 5M yaitu patuhi protokol kesehatan Memakai masker, Mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun, Menjaga jarak, Menjauhi kerumuman, Menghindari kontak dan Membatasi mobilisasi," tutup Ajeng.

Reporter: Agus Wiebowo