Header Ads Widget

Hosting Unlimited Indonesia

Update

8/recent/ticker-posts

KWT Cempaka RW. 20 Jatimakmur Penggerak Ketahanan Pangan Rutin Lakukan Kegiatan Jumat Berkah



REFORMASI-ID | Kota Bekasi - Hujan gerimis mengguyur Kawasan Perumahan Sigma RW. 20, Kelurahan Jatimakmur, Kecamatan Pondokgede,  Kota Bekasi.  Jumat, (25/2/2022).

Kendati demikian, gerimis ditambah udara dingin tidak menyurutkan langkah Siti Zakia Sofia, dan sejumlah ibu-ibu lainnya untuk datang ke Balai Warga menyiapkan sembako sebagai jumat berkah untuk dibagikan kepada warga yang berhak menerima. 

Adapun sembako yang disalurkan berupa 50 paket sembako rutin setiap hari jumat. Bantuan diserahkan kepada masyarakat yang sudah terdata dengan menukarkan kupon. 


"Kami menyalurkan bantuan berupa 50 paket sembako rutin setiap hari jumat," imbuhnya. 

Bantuan ditujukan kepada masyarakat yang yang membutuhkan dan sudah didata oleh RT dan RW, bantuan ini ditujukan untuk meringankan beban ekonomi apalagi saat ini banyak masyarakat terdampak dari pandemi Covid-19.

"Bantuan sembako ini rutin kami berikan setiap jumat, kami jadikan ini sebagai jumat berkah. Jauh sebelumnya kami sudah punya lumbung pangan, kemudian kita berembuk untuk menyalurkan sembako di jumat berkah ini. Bantuan sembako ini beda dengan bantuan yang diberikan pada duafa,janda dan anak-anak yatim yang kami berikan setiap 3 bulan sekal," Kata Siti Zakia.

"Selain kegiatan jumat berkah seperti hari ini kami punya kegiatan rutin di RW 20 Perumahan Sigma yaitu bercocok tanam. Dan kegiatannya  sudah dilakukannya sejak lama dari sebelum pandemi sampai sekarang. Hasilnya pun buat memenuhi kebutuhan sayur, buah-buahan. Semua yang kami lakukan  mendapat dukungan dari para suami.dan justru kamilah sebagai penggerak semua kegaiatan disini.dalam bercocok tanam kami disni memanfaatkan lahan yang ada, kami ada 4 lahan semua kami pakai  dijadikan lahan pertanian,  Hidroponik, TOGA (tanaman obat keluarga), budidaya lele dan banyak lagi . Bahkan telah mampu mengembangkan usaha usaha kecil hasil karya para ibu-ibu di RW 20 ini. Kami juga mengembangkan makanan dan juga minuman kesehatan," tutur Siti.

Dwi Nurimanto Hadi ketua RW 20 Perumahan Sigma, kelurahan Jatimakmur berbincang dengan redaksi MRI usai membagikan sembako dalam acara jumat berkah. 

"Alhamdulillah kami sangat bersyukur pada allah subhanahu wata'la,  ini semua bisa terwujud karena kekompakan dan kepedulian kita di RW 20 ini, dan ibu-ibu KWT ini sebagai motor penggerak. sebagaimana kita semua tahu bahwa saat ini kondisi ekonomi warga banyak yang mengalami penurunan dengan adanya pandemi Covid-19 ini. Kita mencoba memberikan sesuatu yang bermanfaat, biasanya kita lihat yang diberikan itu makanan yang sudah masak. Tapi kami berikan sembako,  meskipun secara nilai mungkin tidak besar. Jadi sistemnya kami pakai kupon, 1 RT 10 kupon dikalikan 5 RT jadi 50 kupon. Jadi kami siapkan 50 paket sembako. Tapi ada juga tadinya menerima sembako  terus tidak mau menerima lagi minta diberikan ke yang lain, akhirnya kita berikan ke yang lain," kata Dwi. 

Lanjutnya," Disini donatur melihat bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat, begitu juga bagi penerima sembako ini sangat bermanfaat. Alhamdulillah bantuan ini bertambah terus, jadi bagi para donatur ada yang langsung memasukkan uang ke kotak atau datang ke kantor RW.  kenapa jumat berkah ini dilaksankan bukan di masjid, memang ini kami sengaja untuk mengakrabkan warga. Jadi mereka datang ke balai warga sini. 

Dan sembako jumat berkah ini berbeda dengan bantuan yang rutin kami lakukan di hari-hari besar islam, dihari-hari besar islam kami menyalurkan sampai 300 paket sembako dan juga santunan berupa uang," jelas Dwi Nurimanto.

Sementara H. Khairul Tanjung salah satu warga RW 20 sangat bangga dengan kegiatan yang ada.Menurutnya dibawah komando ketua RW Dwi Nurimanto Hadi semua kegiatan sangat positif dan selalu orientasi untuk kebersamaan dan kerukunan warga. 

"Alhamdulillah pembangunan balai warga ini sudah selesai tinggal lantai atas saja yang belum rapi, balai warga ini sangat bermanfaat, dan saat ini bisa dipakai acara jumat berkah," jelasnya. 

Menurut H. Khairul tanjung kesigapan dan kepedulian warga RW 20 itu merupakan representasi dari nama perumahan,  yaitu SIGMA yang memiliki kepanjangan Sigap,  Makmur, Jaya.

Siti Fatehah, Bendahara Karang Taruna RW 20 Perumahan Sigma merasa senang ikut terlibat dalam kegiatan di RW 20, menurutnya kegiatanya sangat menyenangkan dan bisa menjadi ajang untuk belajar. 

"Sebagai remaja yang aktif dikarang taruna saya dan kawan-kawan merasa senang, kegiatan-kegiatan di RW kami aktif, bagi saya itu menyenangkan dan sebagai tempat kami latihan, tempat kami belajar. Dan kami sangat bersyukur juga bahagia dengan adanya balai warga ini, kami dari karang taruna sering pakai untuk rapat persiapan apabila ada acara, juga untuk menaruh barang-barang yang kami pakai untuk kegiatan karang taruna, bahkan ada informasi ibu-ibu KWT akan lebih mengembangkan produk UMKM untuk dipasarkan, kami dari karang  taruna siap untuk dilibatkan termasuk dalam hal pemasaran," tutup Siti. 

Acara jumat berkah berlangsung lancar dengan tetap menjaga protokol kesehatan. Kegiatan diakhiri dengan makan bersama dengan masakan panen hasil bumi oleh ibu-ibu Kelompok Wanita Tani (KWT) RW 20 Perumahan Sigma. 


Reporter: Agus Wiebowo