Header Ads Widget

Hosting Unlimited Indonesia

Update

8/recent/ticker-posts

Fasyankes Vaksin Lansia Kelurahan Pejuang Bersama 4 Pilar Lakukan Jemput Bola Dengan Door To Door



REFORMASI-ID | Kota Bekasi - Fasilitas pelayanan kesehatan (Fasyankes) melakukan vaksinasi Covid-19 bagi lansia dengan cara jemput bola dengan door to door. Pelayanan vaksin secara door to door oleh Fasyankes dilaksanakan dengan bekerja sama 4 pilar. Hal ini disampaikan  H. Isnaini Lurah Pejuang dikantornya, Jalan Pejuang, Kecamatan Medan Satria, Kota Bekasi, Jawa Barat, Kamis (24/2/2022)

"Bicara Vaksin Lansia kita bermula dari data, dan yang perlu dipahami bahwa yang dikejar presentasi ini bukan warga tervaksin, tapi yang dikejar adalah Fasyankes yaitu fasilitas pelayanan kesehatan yang melakukan vaksinasi, sebagai contoh ada warga pejuang ketika dia divaksin di luar pejuang berarti itu masuk ke Fasyankes bukan Pejuang, tapi itu tetap warga kita. Fasyankes yang melaksanakan vaksinasi Covid-19 itu Rumah Sakit, Puskesmas atau Puskesmas pembantu, klinik, unit pelayanan kesehatan di kantor kesehatan, lembaga atau institusi kesehatan," jelas Isnaini.

Menurut Isnaini, pihak Kelurahan,  Babinsa,  Bhabinkamtibmas, Puskesmas melakukan pelayanan selama proses vaksinasi, pelayanan yang ramah oleh 4 pilar mendapat sambutan hangat dari warga.

"Kami 4 pilar melakukan pelayanan selama proses vaksinasi secara humanis,  dan alhamdulillah mendapat sambutan hangat dari warga, tapi walaupun begitu kan tetap ada warga yang tidak bisa divaksin karena ada penyakit bawaan. Untuk meningkatkan cakupan vaksinasi, cara jemput bola yang kami lakukan juga melibatkan pamor, RT,  RW para kader posyandu dan PKK. Lansia yang sudah didata, By Name By Address yang akurat selanjutnya didatangi satu persatu dirumahnya diberikan himbauan terkait pentingnya vaksinasi," terang Lurah.

Lebih lanjut isnaini menambahkan, dimasa pandemi ini dibutuhhkan pertisiapasi kepedulian semua warga.

"Covid-19 ini cuma 2 kuncinya yaitu pakai masker dan melakukan vaksin, harapan dan pesan saya pertama tetap jaga protokol kesehatan, kedua mau warga usia berapapun yang sudah wajib vaksin harus segera vaksin. Sudah vaksin 1 belum vaksin 2 segera laksanakan vaksin 2 kalau memang sudah waktunya, yang sudah waktunya dan lebih 6 bulan dan sudah muncul dipeduli lindungi untuk melakukan booster. Kita berharap segera bebas, biar semua bisa merasakan hidup seperti dulu yaitu aman, tenang, nyaman tidak terbelenggu, dan ekonomi pulih dan tumbuh kembali," tutup Isnaini.

Reporter : Agus Wiebowo