Header Ads Widget

Hosting Unlimited Indonesia

Update

8/recent/ticker-posts

Ciptakan Lingkungan Berkualitas Kelurahan Jaticempaka Kerja Bakti K3 dengan Hepi dan Semangat Gotong Royong



REFORMASI-ID | Kota Bekasi -Pelayanan Kelurahan  Jaticempaka, kecamatan Pondokgede, Kota Bekasi  dlakukan dengan  cara jemput bola. Selaras dengan Tagline "HEPI" yaitu Humanis, Edukatif, Profesional dan Inovatif.

Semua pelayanan jemput bola dilakuan pihak kelurahan termasuk dalam pelaksanaan Kerja Bakti K3 yang bisa menghadirkan warga Secara gotong royong.

Selain menggelorakan semangat gotong royong dan hepi, Kelurahan Jaticempaka proaktif dalam pemeliharaan lingkungan dengan Semangat gerakan antisipasi terhadap lingkungan (ganteng), jadi Hepi dan ganteng ini Ada korelasinya, seperti disampaikan Amir lurah Jaticempaka usai apel gabungan di Halaman Villa Wadas RT 08 RW 04 Kelurahan Jaticempaka, Kecamatan Pondokgede,  Kota Bekasi, Sabtu (12/2/2022).

"Hari ini kita ada beberapa kegiatan, yang pertama adalah melakukan apel gabungan dalam rangka Kerja Bakti memelihara Kebersihan, Keindahan, Ketertiban Lingkungan (K3L), Kegiatan vaksin lansia, woro-woro sosialisasi kesehatan menggunakan masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumuman , mengurangi mobilitas dan bepergian. Selain woro-woro protokol Kesehatan, menyambangi warga yang saat ini isolasi mandiri. Adapun untuk kerja bakti K3 ini sudah diprogram dari RW 1 sampai 13 di hari sabtu," tukas Amir. 

Lanjutnya," Kerja Bakti K3 di RW 04 ini sudah yang ke empat kalinya, dan kerja Bakti ini adalah kewajiban kita semua, jadi kita terapkan budaya gotong royong sebagaimana telah diajarkan nenek moyang kita. Ini kita lakukan dalam rangka menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat, apalagi ini mendekati musim hujan selokan-selokan untuk dibersihkan, Selain itu dengan kegiatan K3 bersama sama ini bisa lebih mendekatkan kelurahan dengan warganya dan juga warga dengan pihak kelurahan," jelasnya. 

Lurah Amir menjelaskan tagline HEPI dan GANTENG yang sering disampaikan dalam setiap pertemuan, apel dan kegiatan-kegiatan kelurahan lainya. menurutnya HEPI bukan hanya sebuah moto saja.

"Sebagai garda terdepan, kelurahan tentu lebih paham dengan kondisi setiap lingkungan masyarakat. Kami akui, memang ditengah kondisi saat ini apalagi masih dalam masa pandemi tentunya kita semua paham semua hal bisa saja terjadi, yang penting tetap menjalaninya dengan cara humanis dan memberikan pemahaman kepada masyarakat dengah ramah dan tuntas," ungkap Amir.



Dalam berinteraksi, juga dengan cara edukatif, yaitu memberikan pemahaman dan  pendidikan yang baik sehingga mengarah pada hal positif dan bisa tersampaikan dengan baik. Sedangkan profesionalisme dalam moto tersebut, mengacu pada sikap mental dalam bentuk komitmen melakukan profesi untuk senantiasa mewujudkan dan meningkatkan kualitas profesionalannya, mutu, kualitas dan tindak-tanduk yang merupakan ciri suatu profesi atau orang yang profesional.

"Inovatif dan kreatif yaitu dengan cara menciptakan sesuatu yang berbeda dan berguna, dan tetap di dasari pada hal yang positif sehingga dampaknya baik untuk warga dan lingkungannya. Untuk tagline GANTENG sendiri adalah gerakan antisipasi terhadap lingkungan, jadi hepi dan ganteng ada korelasinya.Ganteng disini adalah bagaimana menggerakkan masyarakat untuk peduli terhadap lingkungan, karena kebersihan lingkungan adalah kewajiban kita bersama, maka dari itu dipakailah gotong royong budaya nenek moyang kita," jelas Amir.

H. Baban, Ketua RW 04 keluarahan Jaticempaka menyampaikan bahwa kerja bakti ini rutin dilaksanakan dan mendapat dukungan dari semua pihak. 

"Kerja Bakti K3 seperti ini sudah biasa kami lakukan, dari kelurahan saja sangat peduli, pak lurah dan jajaranya selalu turun ke warga makan dari itu kita semua semangat melakukan apapun yang pak lurah instruksikan seperti hari ini kegiatan kerja bakti K3. Alhamdulillah semua turun hari ini, semua Ketua RT juga hadir, karang taruna termasuk ibu-ibu posyandu, mereka  semangat ikut kerja Bakti dan menyiapkan kinsumsinya. Adapun untuk Kerja Bakti sendiri selain membersihkan ranting-ranting pohon, sampah-sampah di jalan kami juga lebih fokuskan pembersihan sedimen lumpur, apalagi ini mendekati musim hujan seperti yang pak lurah sampaikan tadi," kata H. Baban.

Senada yang disampaikan Ketua RW 04 H. Baban, Ketua Forum Rukun Warga (RW) Kelurahan Jaticempaka Sirojudin menyampaikan terimakasih atas kekompakan yang ditunjukkan RW 04 dengan kerjasama semua pihak sehingga Kerja Bakti bisa berjalan dengan lancar. 

"Alhamdulillah di RW 04 yang dikomandoi oleh bapak Ketua RW H. Baban ini cukup luar biasa, kegiatan ini kalau tidak ada pendekatan, tidak ada persuasif  dari Ketua RW tentunya tidak seramai dan se kompak ini. Arahan dan semangatnya pak RW dalam menggerakkan warga, karena bagaimanapun semangat gotong royong itu untuk digelorakan kembali, bagaimanapun permasalahan kebersihan lingkungan bukan hanya tanggung jawab RT dan RW tapi tanggung jawab semuanya.selain itu hari ini juga ada vaksin lansia sesuai arahan Bapak PLT Walikota Bekasi yang mana itu adalah arahan dari bapak Presiden dan sekarang ini memang serentak sekota Bekasi. Jadi memang arahanya pemimpin wilayah itu dari RT, RW, Lurah untuk mengedukasi masyarakat khususnya lansia," ujar Sirojudin.

Di lokasi kegiatan K3 dan Vaksinasi lansia RT 05 RW 04, Kasiekbang kecamatan Pondokgede Mulyana Sjamsumar kepada media menyampaikan. 

"Kegiatan Kelurahan Jaticempaka ini sangat cepat sekali, yang pertama adalah perintah dari pak camat dan instruksi dari PLT Walikota bahwa vaksin booster ini serentak dilaksanakan 12 kecamatan dan ditargetkan perkelurahan 50 orang lansia. Yang kedua adalah program yang diluncurkan pak camat yaitu Kerja Bakti K3, dimana sebelumnya direncanakan pelaksanaanya  di kecamatan, namun karena ada instruksi dari PLT untuk melakukan vaksinasi booster lansia dengan target 50 orang perkelurahan sehingga K3-nya di masing-masing kelurahan, jadi pak lurah Jaticempaka langsung melaksanakan instruksi pimpinan dalam satu waktu dalam satu kegiatan semua bisa terakomodir, baik booster untuk lansia, K3 dan juga kunjungan terhadap warga yang isolasi mandiri.tentunya ini harus diikuti oleh aparatur kelurahan, ketika lurahnya bergerak cepat ya kita harus mengikutinya begitu juga diinstruksikan kepada RT RW agar mengikuti kebijakan pak lurah, terutama saat ini Kesesuaian data tentang nama dan alamat (by name and by address) terhadap vaksin lansia, jadi sudah ada data dari dinas kesehatan, mari kita sama-sama kita sisir, kita turun sehingga lansia di pondokgede khususnya Jaticempaka semua ter vaksin booster, itu adalah target pemerintah Kota Bekasi dibawah PLT Walikota Bekasi," pungkas Mulyana. 


Reporter: Agus Wiebowo