Header Ads Widget

Hosting Unlimited Indonesia

Update

8/recent/ticker-posts

Santunan Rutin di Perumahan BSK Kayuringin Jaya Sebagai Bentuk Amal Sholih dan Menggembirakan Anak Yatim



REFORMASI-ID | Kota Bekasi - Santunan pada anak yatim  merupakan kegiatan rutin yang diadakan tiap bulan, santunan tersebut berupa uang tunai dan nasi boks di Masjid Al- Anshor dan Ar-Ridho Perumahan Bumi Satria Kencana (BSK) Kayuringin Jaya, Bekasi Selatan. Seperti pada pekan ini, kegiatan tersebut digelar dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Pandemi tidak menyurutkan semangat warga untuk berbagi pada sesama. Seperti yang dilakukan warga yang tinggal di Perumahan Bumi Satria Kencana (BSK), Kayuringin Jaya, Bekasi Selatan yang dimotori oleh Ketua Seksi Sosial RW. 021 BSK Kayuringin Jaya Haji Irfangi bersama pengurus DKM Masjid Ar-Ridho dan DKM Masjid Al-Anshor secara rutin setiap bulan melakukan kegiatan santunan yatim.

Untuk bulan ini, santunan anak yatim di laksanakan di Masjid Ar-Ridho Perumahan Bumi Satria Kencana (BSK) Kelurahan Kayuringin Jaya, Kecamatan Bekasi Selatan, Kota Bekasi, Minggu (9/1/2022)

Santunan di Masjid Ar- Ridho, Perumahan Bumi Satria Kencana (BSK), Kayuringin Jaya sempat dipindahkan ke Masjid lain dengan alasan tempatnya yang kurang luas.

Sebanyak 147 anak yatim hadir memenuhi undangan panitia yang berasal dari 15 RW di Kelurahan Kayuringin Jaya, Jakasampurna dan Kranji.



Kegiatan diawali dengan pembacaan ayat suci Alquran yang dibawakan oleh anak yatim M. Vahlevi Rizal yang membacakan Qur'an Surat Al Ma'arij: 1-18, Al Ma'un 1-akhir.

Dilanjutkan dengan ceramah dan doa bersama yang dibawakan oleh Ustadz Husen Usman dan terakhir pembagian santunan kepada 147 anak yatim dan foto bersama.

Ketua Yayasan Masjid Al-Anshor, H. Hengki Brahmantio mengungkapkan terkait dilaksanakan santunan di Perumahan BSK Kayuringin Jaya.

"Setelah dua tahun akhirnya kegiatan santunan ini kita adakan lagi di Masjid Ar Ridho," ungkap Hengki.

Lebih lanjut Hengki mengatakan, santunan di Masjid Ar-Ridho sempat ditiadakan selama dua tahun dan dipindah ke Masjid lain karena alasan pandemi.

"Ada Hikmah dari pandemi ini untuk kita semua, santunan anak yatim hanya di laksanakan oleh Masjid Ar-Ridho dan RW. 021 Alhamdulillah saat ini kegiatan tersebut bisa dilakukan di Masjid Al Anshor," tutur H. Hengki.

Sementara itu, Ketua Seksi Sosial RW. 021 Haji Irfangi menyampaikan terimakasih dan menyampaikan  bahwa dari 147 anak yatim yang disantuni hari ini, terdiri dari 74 dari Lingkungan Masjid Al-Anshor dan 73 dari Masjid Ar-Ridho.

"Kami ketua Seksi Sosial RW 21 Bumi Satria Kencana, kelurahan Kayuringin Jaya, Bekasi Selatan mengucapkan terimakasih atas terselenggaranya acara ini yang merupakan kerjasama antara Seksi Sosial dan Kematian RW. 21 dan RW. 22 bersama DKM Masjid Al-Aqsa Anshor dan DKM Masjid Ar-Ridho," ujar H. Irfangi, ketua seksi sosial RW. 021/Kordinator santunan anak yatim.

Diterangkan  H. Irfangi, kegiatan ini dimulai tahun 2018 dan setiap bulan anak-anak yang disantuni ada peningkatan, selaras dengan peningkatan jumlah donatur.

"Kami tidak pernah bosan melaksanakan kegiatan santunan anak yatim ini, ini sebagai bentuk amal sholih kami dan menggembirakan anak yatim, untuk saat ini saja ada 147 anak yatim dan untuk bulan depan akan dilaksanakan di Masjid Nurul Ihsan," katanya.

Haji Irfangi menambahkan, kegiatan santunan merupakan  program rutin Seksi Sosial RW. 021 yang diperuntukkan bagi warga Kayuringin Jaya.

Bukan hanya santunan, Seksi Sosial RW. 021 juga memiliki kegiatan sosial lainnya seperti penyediaan ambulans gratis, santunan kematian, paket sembako untuk petugas keamaan dan dhuafa serta bantuan biaya pendidikan yatim.

Ahmad fauzi salah satu anak yatim mengaku senang mendapatkan santunan setiap bulan, dirinya merasa senang dan mendoakan semua supaya sehat.

" Saya rutin mendapat santunan dari pak haji ( H. Irfangi yang dimaksud), semoga pak Haji dan semua pengurus selalu sehat, itu saja," tutup Ahmad fauzi.

Reporter: Agus Wiebowo