Header Ads Widget

Hosting Unlimited Indonesia

Update

8/recent/ticker-posts

Wakil Walikota Bekasi Hadiri Pelantikan dan Pengukuhan Pokdarkamtibmas Bhayangkara Sektor dan Subsektor Bekasi Selatan



REFORMASI-ID 🇮🇩 | Kota Bekasi - Wakil Walikota Bekasi Tri Adhianto Tjahyono turut menghadiri pelantikan pengurus Kelompok Sadar Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Pokdarkamtibmas) Bhayangkara Sektor dan Sub Sektor Bekasi Selatan, di Gedung PGRI Kelurahan Jakasetia, Kecamatan Bekasi Selatan, Kota Bekasi, Sabtu (11/12/2021) 

Selain Wakil Walikota Bekasi, tampak pula Kapolres Metro Bekasi Kota, Kombes Pol Aloysius Suprijadi, Kapolsek Bekasi Selatan Kompol Budiyono, Ketua Pokdarkamtibmas Metro Bekasi Kota, H. Suyatno, Camat Bekasi Selatan Azhari dan Lurah se-bekasi Selatan, dan undangan dari ormas dan mitra polri yang lain dan para tokoh masyarakat.

Acara pelantikan dan pengukuhan juga dihadiri pengurus Pokdarkamtibmas Bhayangkara Polda Metro Jaya dan Pokdarkamtibmas Bhayangkara Nasional. 

"Bahwa sekecil apapun kontribusi yang diberikan, itu pasti akan memberikan dampak kebaikan. Dan kita rasakan betul, bagaimana Kota Bekasi dan khususnya Bekasi Selatan, hari ini kita mendapatkan rasa aman, damai dan bahagia," ucap Tri Adhianto Tjahyono, Wakil Walikota Bekasi. 

Situasi kondusif tersebut bisa tercipta, sambung Tri tidak terjadi begitu saja. Ada peran semua unsur warga masyarakat yang ada di Kota Bekasi, dan Bekasi Selatan, salah satunya Pokdarkamtibmas.



Lebih lanjut, Tri berpesan, masyarakat Kota Bekasi harus kompak, saling menghargai, saling memahami dalam perbedaan.

"Adanya satu keinginan yang bersama, bahwa kalau kemudian hari, Kota Bekasi selalu aman, Kota Bekasi menjadi nomor satu, Kota Investasi yang terbaik di Indonesia," imbuhnya.

Situasi keamanan yang kondusif dan pelaksaaan Prokes dan vaksinasi, kata Tri, bukan karena aku, bukan karena pemerintah kota, dan bukan karena Polisi melainkan karena kehendak masyarakatnya.

"Kita juga merupakan satu kota di Jawa Barat yang paling disiplin menggunakan masker dan juga protokol kesehatan. Untuk proses yang panjang,, kita mendidik masyarakat, kita nengedukasi, melakukan literasi, sampai-sampai semua diantara kita melakukan door to door, dan hari ini kita juga berbangga hampir lebih dari 93% masyarakat kita yang sudah divaksin," ucapnya.

Peran dan kontribusi para stakeholder yang ada, baik pemerintah, dunia usaha, dunia pendidikan dan LSM sangat penting. "Jadi sekali lagi saya ucapkan terimakasih atas kontribusi yang telah diberikan Pokdarkamtibmas Bhayangkara Kota Bekasi khususnya Bekasi Selatan dalam rangka menuju Kota Bekasi yang keren, maju, sejahtera, cerdas, kreatif dan ihsan," tandas Tri Adhianto.

Sementara itu, Kapolres Metro Bekasi Kota Kombes Pol Aloysius Suprijadi meminta Ormas-ormas bisa menjadi mitra pihak kepolisian dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat dan bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.



Karena itu, Ia menekankan jangan sampai pelantikan pengurus Pokdarkamtibmas hanya sekadar seremonial.

"Bukan hanya seremonial tapi Pokdarkamtibmas ini kehadiran perannya bisa manfaat untuk masyarakat," terang Aloysius. 

Pokdarkamtibmas, kata Aloysius harus bisa memberi ketentraman dan ketenangan bagi warga bukan sebaliknya Ormas yang selalu bikin onar.

"Banyak Ormas yang tujuan mulianya tidak tercapai, sedikit-sedikit ribut, konflik, rebutan lahan parkir, rebutan limbah, sampai bacok-bacokan. Ini yang tidak kita inginkan," imbuhnya.

Pria yang baru setahun menjabat sebagai Kapolres Metro Bekasi Kota tersebut berharap ormas-ormas lain di Kota Bekasi ikut bermitra dan bersinergi menjaga kamtibmas.

"Kami berharap banyak Ormas-ormas lain juga bersinergi menciptakan situasi Kamtibmas yang betul-betul kondusif dan tidak merepotkan masyarakat, apalagi mengintimidasi serta mengganggu keamanan dan ketertiban masyarakat,"  tandasnya.

Dedy Rudyanto, Ketua terpilih yang baru dilantik berjanji akan bekerja tanpa batas untuk masyarakat Bekasi Selatan yang aman, tertib dan kondusif.

"Pengabdian tanpa batas, disini maksudnya, bahwasanya kami mengabdi tanpa ada suatu bayaran apapun, tidak ada rupiah apapun, karena kami berdiri berdasarkan skep dari Polri. Kalau di Bekasi Selatan berdasarkan skep yang dikeluarkan oleh Kapolres (No.Skep/157/XII/OTL.1.12/2021),"  terangnya.

Peran dan kontribusi para stakeholder yang ada, baik pemerintah, dunia usaha, dunia pendidikan dan LSM sangat penting. “Jadi sekali lagi saya ucapkan terimakasih atas kontribusi yang telah diberikan Pokdarkamtibmas Bhayangkara Kota Bekasi dalam rangka menuju Kota Bekasi yang keren, Kota Bekasi yang maju, sejahtera. Kota Bekasi  yang cerdas, kreatif, maju, dan ihsan,” tandasnya.

Sementara itu, ketua Pokdarkamtibmas Resort Bekasi Kota H. Suyatno berpesan kepada ketua dan pengurus yang telah dilantik untuk tetap menjaga amanah, dalam membantu tugas Polri.

“Ketua Pokdar sektor yang dilantik dan pengurus yang dikukuhkan bisa amanah dan membantu Termasuk yang di subsektor (tingkat kelurahan) untuk selalu membantu dan komunikasi dengan ketua dan pengurus sektor (kecamatan) dan bangun sinergi yang baik pada jajaran di masing-masing wilayah,” katanya.

Jelang Nataru, Pokdarkamtibmas diharapkan aktif dalam membantu polri untuk menciptakan keamanan dan kondusifitas di wilayah. Dengan kepengurusan yang baru, dapat lebih maksimal lagi.

“Alhamdulillah juga disampaikan melihat komposisi kepengurusan yang baru di sektor bekasi Selatan ada dari semua unsur, dari ahli hukum, ahli ekonomi, pengusaha, wartawan, pengajar dan lain-lain semua ada, semoga menunjang kepengurusan yang ada," 

Lanjutnya, ” kita harus benar-benar menjaga organisasi dengan kata dan perbuatan, dan kita jangan menodai organisasi. Organisasi kami adalah sosial kegiatan dimana kami benar-benar tidak ada minta-minta kepada masyarakat. Kami anggota Pokdar Kamtibmas di Kota Bekasi belum ada yang terlibat tindak kriminal. Artinya kami sangat menjaga bahwa kami ini mitra Polri, makanya anggota Pokdar ada dari kalangan mana saja, warga menengah dan atas semua ada, dari tingkat RT, RW, tokoh ulama, pengusaha, PNS dan lain-lain pada bergabung," Jelasnya. 

"Niat dan tujuannya adalah kita berbuat baik terhadap orang lain. Kami dari Pokdar Kamtibmas jangan sampai ada bentrokan dengan intuisi Polri, harus jaga nama baik organisasi PokdarKamtibmas Bhayangkara. Dengan slogan Pokdar kamtibmas jaya di darat jaya di udara," pungkasnya.

Berikut daftar susunan Pengurus

POKDARKAMTIBMAS BHAYANGKARA Sektor Bekasi Selatan.

Masa Bakti Tahun 2021-2023

1.  DEDY RUDYANTO sebagai KETUA

2. NIPAN APANDI sebagai SEKRETARIS

3. HENDRAT YUSWITO sebagai BENDAHARA

4. OSAN NURHASAN sebagai OKK (Organisasi, Kaderisasi dan Keanggotaan)

5. AGUNG YUDO TRIYANTO sebagai MONITORING DAN OPERASIONAL

6. AGUS WIEBOWO sebagai INFOKOM (Informasi dan Komunikasi)

7. M. TASRIP RASIAN sebagai EKONOMÄ° DAN PENGEMBANGAN USAHA

8. ZAINAL ABIDIN sebagai PEMBINAAN DAN PENGEMBANGAN

9. H. ARYANDI sebagai PENGAWASAN DAN HUKUM

10. CARUDI sebagai DEWAN PENASEHAT

11. H. ROJIH ACHMAD sebagai DEWAN PENASEHAT

12. TRIYADI HENDRAWAN sebagai DEWAN PENASEHAT

Dalam pelantikan dan pengukuhan ketua dan pengurus sektor dan sub sekor Bekasi Selatan berjalan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.

Sebagai bentuk kepedulian pada warga yang terdampak erupsi gunung Semeru, panitia acara pelantikan dan pengukuhan menggelar penggalangan dana yang  akan disalurkan ke posko bantuan lokasi bencana. 

(Red)