Header Ads Widget

Hosting Unlimited Indonesia

Update

8/recent/ticker-posts

Peringati Hari Keris Nasional, Komunitas Pecinta Tosan Aji Jayakarta Adakan Pameran dan Edukasi di Gedung Museum Benyamin Suaeb



REFORMASI-ID ðŸ‡®ðŸ‡© | Budaya - Pada hari Minggu, 28 November 2021 di DKI Jakarta tepatnya di Gedung Museum Benyamin Sueb Jatinegara Jakarta Timur puluhan pusaka Tosan Aji terlihat digelar dan dipajang untuk dipamerkan di salah satu sudut Gedung Museum Benyamin Suaeb Jatinegara Jakarta Timur. Rabu, (01/12/21).

Pameran Tosan Aji Jayakarta tersebut dalam rangka untuk turut memeriahkan dan memperlengkap penyelenggaraan Festival Pencak Silat Keris Indonesia yang diadakan oleh pihak Forum Pelestari Pencak Silat Keris Indonesia (FPPSKI) dan pihak Senapati Nusantara untuk memperingati Hari Keris Nasional yang jatuh pada tanggal 25 November 2021.

Donny Yonathan sebagai koordinator pameran dari Komunitas Pecinta Tosan Aji Jayakarta menyampaikan bahwa tujuan utama dari pelaksaan pameran tersebut selain mengenalkan beberapa jenis pusaka dan memberikan edukasi terkait ilmu dan pemahaman tosan aji khususnya keris kepada generasi muda yang menjadi peserta acara festival tersebut.


”Sebelumya saya sampaikan selamat atas terselenggaranya acara Festival Pencak Silat Keris Indonesia Piala dan Piagam Senapati Nusantara dan terima kasih juga atas kesempatan yang diberikan kepada kami dari pihak Komunitas Pecinta Tosan Aji Jayakarta untuk dapat turut mengelar pameran sehingga kami dapat memberikan edukasi terkait dengan pemahaman keris kepada seluruh peserta yang mayoritas didominasi oleh muda mudi yang hadir di acara ini," tutur Donny.

Walapun acara hanya sehari, sambungnya, tapi telah termanfaatkan dengan baik untuk suatu upaya dalam menghapus salah kaprah dan salah paham terhadap pemahaman keris.

"Saya merasa sebenarnya banyak yang ingin belajar terkait pemahaman tentang ilmu keris hal tersebut saya sampaikan karena saya sendiri melihat stand pameran kami kebanjiran dengan para peserta yang ingin tahu dan bertanya tentang pemahaman keris," ucapnya.

"Semoga kedepan pihak kami dapat terus bersama-sama dengan pihak FPPSKI dan pihak Senapati Nusantara untuk terus mensosialisasikan dan mendorong pelestarian keris," pungkasnya.

Disisi lain Suparyo Ketua Harian FPPSKI menyampaikan bahwa Komunitas Pecinta Tosan Aji Jayakarta telah melakukan Kolaborasi yang bagus dengan FPPSKI, dirinya berharap semoga kedepan bisa mengadakan acara yang  lebih baik dengan durasi waktu penyelenggaraan lebih lama lagi agar lebih banyak pengunjung yang bisa mendapatkan pemahaman dan edukasi terkait pemahaman Keris.

Diakhir penyampaiannya Suparyo mengatakan, semoga Pencak Silat Keris dapat menjadi ajang bagi para pendekar pencak silat untuk memberikan kontribusi, serta perannya dalam pelestarian Warisan Budaya, sehingga generasi muda kita yang tergabung di berbagai wadah perguruan pencak silat memiliki minat dan semangat lebih untuk mengenal budaya bangsanya sendiri.

(Red)