Header Ads Widget

Hosting Unlimited Indonesia

Update

8/recent/ticker-posts

WN 88 Sub Unit 01 DKI Jakarta Ziarah Kemakam Waliyullah Pangeran Sang Hyang dan Pangeran Jayakarta di Jatinegara Kaum



REFORMASI-ID 🇮🇩 | Sejarah -Pengurus dan anggota Warung Nusantara (WN) 88 Sub Unit DKI Jakarta berziarah ke Makam Waliyullah Pangeran Sang Hyang dan Makam Pangeran Jayakarta yang terletak di Jatinegara Kaum Jakarta Timur,Jumat Malam (18/11/2021).

Ikut dalam Ziarah tersebut Ketua WN 88 Sub unit 01 DKI Jakarta H. Hendro Malvinas didamping oleh Muhammad Jaya sebagai Wakil Ketua dan Ustadz Muksin, CHt sebagai Kepala Bidang Kerohanian bersama Pengurus juga Anggota WN 88 Sub Unit 01 DKI Jakarta.

Dalam kesempatan tersebut Kuncen atau Juru Kunci Makam Pangeran Sang Hyang Aki Upik (95 tahun) yang masih ada keturunan dari Pangeran Sang Hyang ini memberikan penjelasannya tentang sejarah Pangeran Sang Hyang yang di makamkan di Jatinegara Kaum ke awak media.

"Pangeran Syarif nama julukan nya Pangeran Sang Hyang asalnya dari Banten, Sunan Kalijaga, Sunan Ampel, Pangeran Sang Hyang ini paling tua, Maulana Yusuf itu kesini, Maulana Yusuf itu anak dari Syekh Syarif Hidayatullah dan masih ada silsilah dengan Eyang Prabu Siliwangi, Isteri Pangeran Sang Hyang ini adalah Ratu Pembayun, Pangeran Jayakarta masih sepupu dari Pangeran Syarif atau Pangeran Sang Hyang, Pangeran Sang Hyang tersebut adalah nama julukan, Pangeran Jayakarta dulunya Pangeran Jakarta nama aslinya Pangeran Jakerama," jelasnya.

Kegiatan WN 88 Sub unit 01 DKI Jakarta yang berziarah di Makam Pangeran Sang Hyang idan Makam Jayakarta ini adalah dari amanat dari pembina WN 88 Irjen (p) Pol Anton Charliyan beberapa waktu lalu di Wisma Argra Muncar Puncak Bogor Jawa pada saat deklarasi WN 88 Sub unit 01 DKI Jakarta.

Ustadz Muksin, CHt. Kepala Divisi Kerohanian WN 88 sub unit 01 DKI Jakarta yang bertanggung jawab akan pelaksanaan Ziarah tersebut memberikan stemennya juga tentang kegiatan WN 88 sub unit 01 DKI Jakarta yang berziarah di dua makam keramat ini.

"Saya pada malam hari ini bersyukur dan bahagia, kebagian saya ini sulit saya ungkapkan dengan kata kata, karena malam hari ini kebersamaan kita bersama WN 88 Sub Unit 01 DKI Jakarta pimpinan H. Hendro Malvinas berserta teman teman bisa silahturahim bisa berziarah ke makam Pangeran Sang Hyang Bin Pangeran Senapati Ing Ngalaga yang saya yakin beliau adalah orang orang yang Soleh orang orang Solihin yang mudah mudahan keberkahannya buat WN 88 semua," terang Ustadz Muksin, Cht.

Kadiv Kerohanian WN 88 Sub unit 01 DKI Jakarta juga berpesan kepada semua anggota dan pengurus WN 88 Sub Unit 01 DKI Jakarta.

"Kalau bisa di kegiatan WN 88 harus terus rutin diadakan baik pengajian maupun acara acara ziarah minimal sebulan sekali, kalau bisa harus ada supaya ada kontrol Agamanya juga jangan sampai kegiatan kegiatan kita lepas kontrol dari ibadah, saya rasa itu sangat penting, syukur syukur bisa tiap Minggu minimal satu bulan sekalilah harus ada," harapnya sebagai kepala divisi kerohanian WN 88 sub unit 01 DKI Jakarta ini didepan awak media saat diwawancarai.

Saat ditanya program kedepannya dari Divisi Bidang Kerohanian WN 88 Sub Unit 01 DKI Jakarta apakah akan ada kegiatan kedepannya untuk berziarah kembali ke makam makam Waliyullah atau makam Tokoh atau Ulama lainnya, Ustadz Muksin, CHt. memberikan penjelasannya.

"Kalau memang satu tahun sukses acara WN 88 saya usul pengajuan ke Ketua suapaya bisa ziarah ke Bali, kebetulan di Bali banyak juga orang orang hebat seperti Wali Pitu namanya," jelasnya.

Ketua Warung Nusantara 88 atau WN 88 Sub Unit 01 DKI Jakarta pada kesempatan tersebut juga memberikan stemennya terkait kehadiran dari Pengurus dan Anggota WN 88 Sub Unit 01 DKI Jakarta yang berziarah ke Dua makam keramat ini yang pertama makam Pangeran Sang Hyang dan Pangeran Jayakarta atau Pangeran Jakerama.

"Kegiatan pada malam hari ini, Alhamdulillah dari WN 88 sub unit 01DKI Jakarta mengadakan ziarah kubur ketempat Pangeran Sang Hyang ke makom Pangeran Jayakarta, tujuan Ziarah ini adalah untuk berziarah kubur mendoakan kedua belah pihak antara Pangeran Sang Hyang dan Pangeran Jayakarta, harapan dari WN 88 Sub Unit 01 DKI Jakarta ini adalah agar bisa dapat keberkahan, berkah dan barokah dari Allah Subhana Wa taala, semoga WN 88 Sub unit 01 DKI Jakarta ini dapat terus eksis berkarya, sesuai dengan yang diamanatkan oleh DPN yang tiga unsur dari sosial, seni budaya serta Kamtibmasnya ditambah dengan kegiatan malam ini adalah tentang kegiatan keagamaan dan dimana kita harus menjaga keutuhan menjaga silahturahim ini agar kedepannya tetap menjadi corong percontohan buat WN 88 di daerah daerah lainnya," jelas H.Hendro Malvinas.

H. Hendro Malvinas sebagai Ketua WN 88 Sub Unit 01 DKI Jakarta juga menjelaskan program kedepannya dari WN 88 Sub Unit 01 DKI Jakarta.

"Mungkin nanti setelah acara ziarah kubur malam ini, mungkin nanti kita akan membuat program kerja yang berupa program kerja jangka pendek menengah dan jangka panjang,khusunya nanti di awal tahun nanti di 2022 kita akan bikin suatu kegiatan Diklat nasional yang sifatnya kebangsaan bersama WN 88 sub unit 01 DKI Jakarta Kita akan membuat Diklat itu bersama WN 88 Sub Unit 01 DKI Jakarta membangun Indonesia yang bermartabat selanjutnya kita akan melakukan kegiatan kerja jangka panjang yang akan berkerja sama dengan dinas dinas terkait baik TNI, Polri, maupun yang lain lainnya," terang Ketua WN 88 Sub unit 01 DKI Jakarta yang kemarin baru melakukan deklarasi dan dilantik.

Ketua Warung Nusantara 88 atau WN 88 Sub Unit 01 DKI Jakarta ini juga berpesan dan berharap.

"Ya harapannya dan pesannya buat WN 88 sub unit 01 DKI Jakarta biar tetap solid, kompak, pertahankan asas kekeluargaan itu yang kita tanam yang kita pupuk dari awal sampai saat ini, semoga kekompakan dan kesolidan dan kita semua ini dapat berlangsung sampai dengan akhir masa jabatan saya ataupun selanjutnya," pungkas ketua WN 88 Sub Unit 01 DKI Jakarta H. Hendro Malvinas.

(Ervan)