Header Ads Widget

Hosting Unlimited Indonesia

Update

8/recent/ticker-posts

Tekan Kasus Covid-19 dan Target Vaksinasi Warga, Kelurahan Kayuringin Jaya Gandeng Seluruh Elemen Masyarakat



REFORMASI-ID 🇮🇩 | Kota Bekasi - Jajaran Kelurahan Kayuringin Jaya aktif melakukan rapat koordinasi bersama seluruh elemen masyarakat dan stakeholder (pemangku kepentingan), dilakukan dalam rangka mempercepat penanganan pandemi Covid-19.

Dukungan dari semua unsur membuat penanganan Covid-19 bisa dilalui dengan baik. Hal ini disampaikan Iwan setiawan, Sekretaris Kelurahan Kayuringin Jaya di kantornya Kelurahan Kayuringin Jaya, Kecamatan Bekasi Selatan,  Kota Bekasi, kamis (21/10/2021).

" Dukungan dari semua unsur membuat penanganan Covid-19 bisa dilalui dengan baik. Ini terlihat peningkatan yang luar biasa sehingga angka kasus Covid-19 bisa ditekan bahkan saat ini tidak ada kasus terpapar di kelurahan kayuringin," tutur Iwan Setiawan, Sekretaris Kelurahan Kayuringin Jaya. 

Tak hanya pengurus elemen masyarakat yang terlibat, Iwan menyebutkan kaum ibu-ibu PKK, Posyandu, Karang taruna juga ikut membantu dengan rutin melakukan sosialisasi  dengan menyerukan imbauan untuk mengingatkan warga dalam mematuhi protokol kesehatan (Prokes).

“Ini tugas kita semua, bukan hanya tugas satu pihak saja. Bahu membahu semua unsur serta kesadaran warga adalah sangat penting, kesadaran mematuhi prokes dan kesadaran untuk vaksinasi menjadi kunci percepatan penanggulangan Covid-19,” jelasnya.

Ia pun mengimbau, bagi warga Kelurahan Kayuringin Jaya untuk  tetap mematuhi protokol kesehatan. Apabila merasakan gejala untuk tidak takut melaporkan ke Satgas Covid-19 setempat.

“Jangan takut lapor karena takut dirujuk, karena kita harus akhiri pandemi ini secara bersama agar kita bisa menekan angka penularan, dan alhamdulillah berkat sinergi kita semua, sampai saat ini wilayah kita benar-benar zero covid," ujarnya.

Untuk vaksinasi yang digencarkan pemerintah, kepada MRI Iwan Setiawan mengungkapkan saat ini warga yang sudah vaksin di Kelurahan Kayuringin Jaya mencapai 87,5 persen.

"Kami mencari warga lagi untuk divaksin sesuai target 92  persen yang ditargetkan pemerintah Kota Bekasi seperti yang telah disampaikan saat rakor bersama bapak Walikota," kata Iwan Setiawan

Lanjutnya," Untuk mencapai 92 persen kita lakukan pendataan dengan prinsip by name, by address yang akurat, kita sandingkan dengan data yang ada disdukcapil, dan saat ini kami sudah melakukan vaksin door to door. Kita sisir  warga bersama dengan pihak puskesmas, babinsa, bimaspol dan tentunya kita koordinasi juga dengan RT dan RW. Sisa warga yang belum vaksin bisa kita dapatkan, karena mereka belum vaksin karena bisa saja saat mau divaksin saat itu tensinya tinggi, atau karena saat mau divaksin lagi kurang sehat atau ada penyakit bawaan sehingga saat itu belum bisa divaksin. Jadi data itu ada."

Untuk saat ini musim hujan Iwan Setiawan mengaku sudah mengantisipasi dengan menganjurkan  masing-masing rumah melaksanakan K3 (ketertiban,  kebersihan,  keindahan) 

"Alhamdulillah kita sudah antisipasi dengan menyampaikan ke RT, RW untuk disampaikan ke warga  untuk melaksanakan Kerja Bakti K3 yaitu Ketertiban, kebersihan, keindahan, ya dari memotong rumput,  membersihan saluran minimal di rumah masing-masing," terang Iwan. 

Guna menyukseskan sosialisasi protokol kesehatan, kelurahan Kayuringin Jaya memaksimalkan sinergi 4 pilar yakni pihaknya selaku Kelurahan (Lurah) Bhabinkamtibmas, babinsa dan Puskesmas. Selain itu ia juga mendapat dukungan penuh dari perangkat kerja di wilayahnya yang memiliki peran penting mulai dari pamor, RT, RW, Posyandu, PKK dan karang taruna.



Reporter: Agus Wiebowo