Header Ads Widget

Hosting Unlimited Indonesia

Update

8/recent/ticker-posts

Warga Jatimakmur Penerima BST Berhalangan Hadir, Bisa Langsung ke Kantor Pos


REFORMASI-ID | Kota Bekasi - Melalui PT. Pos Indonesia BST (Bantuan Sosial Tunai) Susulan tahun 2021 kembali di salurkan. 

"Penyaluran BST susulan ini disalurkan karena banyak penerima BST yang berhalangan saat pengambilan. BST merupakan bantuan yang bersumber dari Kementerian Sosial Republik Indonesia bantuan yang diberikan kepada Keluarga  miskin yang belum pernah menerima bantuan program pemerintah, baik pusat, provinsi dan kota atau kabupaten," Hal ini disampaikan Helmi Ade Kurniawan.SH.Kasie Kesejahteraan sosial kelurahan Jatimakmur di kantornya, Kelurahan Jatimakmur, jalan raya Jatimakmur,  Kecamatan Pondokgede, Kota Bekasi, Sabtu (7/8/2021).

Menurut Helmi sasaran penerima BST adalah keluarga miskin yang non Program Keluarga Harapan (PKH)/Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dan Non Kartu Prakerja antara lain kehilangan mata pencaharian atau pekerjaan, belum terdata (exlusion error) dan mempunyai anggota keluarga yang rentan sakit menahun/kronis. KK miskin yang menerima bantuan tidak boleh menerima bantuan sebanyak dua kali.

Helmi mengungkapkan," Penyaluran bantuan yang disalurkan adalah Bantuan Sosial Tunai yang diberikan oleh Kemensos RI, kemudian untuk teknis dilapangan sudah berjalan lancar, tertib, begitu juga dengan penerapan protokol kesehatan di tempat penyaluran BST ini. Dan bagi penerima bantuan yang belum bisa hadir pengambilan bisa di lakukan di Kantor Pos Bekasi timur dengan membawa persyaratan yang telah ditentukan."


“Alhamdulillah penyaluran BST di kelurahan jatimakmur ini  berjalan tertib, lancar dan menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19," jelasnya.

lanjutnya" Data BST susulan tersebut diperoleh dari data basis terpadu Pemerintah Pusat melalui Kementerian Sosial Republik Indonesia, kemudian kita cocokan dan koreksi di Dinas sosial karena ada beberapa nama KK yang sudah terdata di dalam bantuan lain agar tidak menjadi double. konfirmasi dan mengirimkan berkas-berkas itu ke Dinas Sosial dan Pos Indonesia sebagai yang ditunjuk menyalurkan bantuan ini. Penerima BST Susulan ini yaitu sebanyak 409 orang.sampai hari ini yang ambil di kelurahan 19 orang. Jadi sampai hari ini di kelurahan tapi selanjutnya langsung ke kantor pos Yang sudah di tunjuk yaitu di Bekasi timur."

"Adapun jumlah semua warga Kelurahan Jatimakmur penerima BST ada 3.697 orang, yang ambil ini  terbagi disemua RW dimana BST ini diberikan Rp. 300.000 x 2 bulan jadi 600 ribu + beras.mudah-mudahan apa yang di berikan pemerintah selalu bermanfaat," Harapnya. 

Salah satu penerima BST Khana Sofiana warga RT 02 RW 09 Jatimakmur mengatakan," Saya senang dengan bantuan ini, saya ikut susulan karena waktu itu kelupaan." 

" Terimakasih pemerintah pusat, pemerintah Kota Bekasi, dan pihak Kelurahan dan juga Pt Pos Indonesia,  Pamor dan juga RT dan RW.Semoga bantuan ini bermanfaat," tutup Khana. 


Reporter: Agus Wiebowo