Header Ads Widget

Hosting Unlimited Indonesia

Update

8/recent/ticker-posts

Pelajar dari 8 Sekolah di Kelurahan Jaticempaka Ikuti Vaksinasi di SMPN 17


REFORMASI-ID | Kota Bekasi - Vaksinasi Covid-19 Kota Bekasi terus dilakukan percepatan, diwilayah Pondokgede dilaksanakan vaksinasi untuk usia pelajar yang berlokasi di SMPN 17, Kelurahan Jaticempaka, Kecamatan Pondokgede, Kota Bekasi, Juma,t (20/08/2021).

Lurah Jaticempaka, Amir, S.E. mengatakan, bahwa vaksinasi pelajar SMP dan SMA ini adalah lanjutan dan masih vaksin dosis 1 tahap 2.

"Alhamdulillah partisipasi dan antusias pelajar cukup tinggi, dibuktikan dengan hadirnya pelajar usia 12 sampai 17 tahun cukup banyak, itu artinya kesadaran masyarakat khususnya pelajar sudah sangat tinggi, kesadaran masyarakat terkait vaksin saya berharap bukan hanya karena menjadi syarat apabila mau masuk kesuatu tempat atau bepergian, tapi lebih kepada kesadaran akan pentingnya kesehatan, saya apresiasi," ujar Amir.


Menurutnya, para pelajar yang mengikuti vaksin ini sangat antusias, mereka bervariasi ada pelajar SMP dan pelajar SMA. "Ada 5 SMP dan 3 SMA yang ada di Kelurahan  Jaticempaka yang hari ini mengikuti Vaksin," jelas Amir.

Ia berharap, mudah-mudahan yang sudah menjalani Vaksinasi Covid-19 ini, dapat mengajak teman-teman untuk ikut vaksinasi tersebut." Ini dalam rangka mempercepat membentuk Herd Immunity di Kota Bekasi khususnya di Kelurahan Jaticempaka." Ungkap Amir.

Kegiatan vaksin pelajar SMP dan SMA terselenggara atas kerjasama beberapa pihak yaitu para guru, Satpol PP, Linmas, Satgas Covid, Dinas Kesehatan, Puskesmas, Kecamatan, Kelurahan setempat, dan pihak-pihak terkait lainnya.

“Vaksin yang diberikan yaitu vaksin sinovac”, ujar Tri Wahyu Retnaningsih M, Pd selaku pimpinan Kepala Sekolah SMPN 17 Kota Bekasi.


Ia juga mengatakan," Terdapat sekolah yang bergabung dalam kegiatan vaksinasi di SMPN 17, yaitu SMPN 17, SMP Assyafiiyah 04, SMP Yatama Assyafiiyah, SMPS Mitra Nusantara, MA Al-Ihya, MA Assyafiiyah 02, MA Marzukiyah. Total  yang di vaksin 961 siswa."

Kegiatan hari ini melalui proses vaksinasi yang sama dengan yang lainnya, yakni melalui proses skreening/pemeriksaan kesehatan, dan setelah lolos pemeriksaan maka dapat diberikan vaksin. 

Dalam proses pendaftaran, siswa/siswi wajib mengisi formulir dan orang tua menandatangani surat pernyataan dukungan/izin vaksinasi sebagai tanda persetujuan. 

“Yang datang hari ini adalah siswa-siswi yang diizinkan oleh orang tua. Yang tidak diizinkan ya tidak kita laksanakan karena semua atas izin orang tua yang tau keadaan anaknya” ujar Tri Wahyu Retnaningsih.


Untuk tenaga kesehatan dari jejaring di wilayah Kelurahan Jatiwaringin dan Kelurahan Jaticempaka, selain itu dari RSUD Pondokgede dan Dinas Kesehatan Kota Bekasi.

Sekretaris Kecamatan Pondokgede, Teti Handayani, S. Ip menyoroti pelaksanaan Vaksin pelajar, itu keharusan untuk mempersiapkan akan diadakanya belajar secara tatap muka.

"Vaksin pelajar ini menjadi tujuan utama kita secara kewilayahan perlu diadakan terus, karena untuk menunjang belajar mengajar harus memenuhi syarat mereka harus sudah divaksin. Antusias pelajar itu perlu kita sikapi dan tindaklanjuti, bagi sekolah-sekolah yang belum melakukan vaksin untuk segera vaksin , dan pihak sekolah harus mendukung penuh, karena dengan vaksin ini ada kesiapan dalam kekuatan tubuh mereka atau imun untuk mengadakan belajar tatap muka," jelas Sekcam.

Senada yang disampaikan sekretaris camat, Sekretaris ITKO, Nesan Sujana, S.T., M.T menyampaikan, bahwa untuk menuju hal yang lebih baik lagi diperlukan sinergi semua pihak, dan sumber daya manusia itu akan selalu berubah disitulah kerjasama semua pihak diperlukan.

"Kalau kita sudah dipercaya untuk menempati suatu tempat yang diyakini bisa membawa pengembangan inisiatif, inovatif, gagasan ilmu dan  menambah suatu wawasan itu adalah tindakan yang tepat," ungkapnya.

Saya berkeinganan, lanjutnya, mengembangkan itu sehingga bisa berpikir untuk merubah pola pikir dan peradapan, disitulah kita berpikir betapa hidup ini tidak bisa sendiri tapi saling bersinergi satu sama lain, termasuk dalam pelaksanaan Vaksin ini. Warga sudah semangat vaksin ya kita saling mendukung dan memfasilitasi.

"Saya kira untuk menuju 70 persen Herd Immunity di Pondokgede ini bisa berubah. Insya Allah warga akan tervaksin, dan Pondokgede warganya akan lebih sehat," tandas Nesan.

Hj. Asmanih, S.Pd. M.Pd.I. Kepala Madrasah Aliyah dari yayasan Al-Ihya Bekasi yang mendampingi para siswa  mengikuti vaksin merasa senang dan mengapresiasi ke semua pihak.

"Alhamdulillah kita bisa mengikuti vaksin ini, dan bagi yang belum vaksin ayo segera vaksin," ajaknya.

"Ucapan terimakasih pada pemerintah yang telah menggulirkan vaksin ini sehingga vaksin bisa berjalan dengan baik, dan kami terutama dari kaum pendidikan berharap mudah-mudahan dengan adanya vaksin ini seluruh  Rakyat Indonesia, seluruh bangsa Indonesia terutama anak-anak yang pelajar, bisa membuka kembali, bisa bersekolah kembali, bisa melaksanakan kegiatan aktifitas belajar dan khususnya seluruh bangsa Indonesia dalam keadaan sehat walafiat," tutupnya.

Pelayanan Kelurahan Jaticempaka yang selalu menggunakan cara jemput bola selaras dengan tagline “HEPI”, Humanis, Edukatif, Profesional dan Inovatif.



Laporan Agus Wiebowo