Header Ads Widget

Hosting Unlimited Indonesia

Update

8/recent/ticker-posts

Sukseskan Vaksinasi Massal, Kelurahan Jatibening Gelar Swab Antigen dan Screening

Jamaludin, S.Ag - Lurah Jatibening


REFORMASI-ID l Kota Bekasi - Pemerintah Kota Bekasi gelar serbuan Vaksin massal pada kamis, 15 Juli 2021. Guna persiapan mengikuti Vaksin massal tersebut warga Jatibening antusias jalani Screening dan Swab Antigen di halaman Balai Rukun Warga 012 Perumahan Pondok Cikunir indah, Kelurahan Jatibening Kecamatan Pondokgede, Kota Bekasi, Rabu, (14/7/2021).

Dikatakan Jamaludin S.Ag.,Lurah Jatibening, Kelurahan Jatibening merespon baik kegiatan Vaksinasi massal tersebut. Begitu juga dengan warganya, sebagaimana dapat di lihat dari respon warga yang tampak antusias mengikuti Screening dan Swab Antigen.

"Program pemerintah terkait vaksinasi massal ini sangat baik, itu adalah tindakan nyata berupa kepedulian pemerintah pada warganya. Dari beberapa tahap vaksinasi massal yang sudah berlangsung di Stadion Patriot Chandrabaga Kota Bekasi, warga antusias datang melakukan vaksinasi," tutur Jamaludin.

Jilbab merah dr. Arnya Andriani (Ka. Puskesmas Kel. Jatibening), bersama Jamaludin, S.Ag. (Lurah Jatibening).


"Untuk besok sendiri Kamis 15 Juli 2021 peserta vaksinasi massal itu sangat banyak sampai 140.000 dibagi 12 kecamatan, 56 Kelurahan. Jadi untuk mengurai kerumunan di pecah, artinya bukan hanya satu tempat. Untuk Jatibening sendiri kita adakan di Balai RW. 012 Perum Cikunir Indah (PCI) dan Gedung Pertemuan Graha Cibening RT. 004, RW. 003," jelasnya.

Menurutnya, Sinergi 4 pilar di kelurahan Jatibening sangat baik. Dalam menggerakkan warga untuk mengikuti Swab dan screening yang di lanjutkan dengan mengikuti vaksin massal tidak ada kesulitan.

" 4 pilar di Jatibening ini kerja semua, mulai aparatur Kelurahan, Babinsa, Bhabinkamtibmas, Puskesmas para Pamor dan RT, RW, PKK, Karang taruna semua kerja. Kita bersinergi dan berkolaborasi dalam semua program khususnya saat ini masalah virus covid-19," lanjutnya.

Ia juga mengatakan, "Jadi semua pamor di RW kita kerahkan termasuk kerja sama dengan forum RW untuk mendata warga untuk mengikuti vaksin. Sampai jam sekarang ini kalau kita lihat warga sangat antusias, artinya warga saya optimis untuk mengikuti vaksin massal tersebut. Kami sampaikan juga  bagi yang tidak terdata kemudian datang ya tetap Kita terima, tentunya ya tetap mengikuti Swab dan screening, karena itu syarat layak tidaknya orang tersebut mengikuti vaksin." kata Jamaludin.


Himbau  Jamaludin," Yang hari ini jelas mendapatkan rekomendasi atau lolos untuk mengikuti vaksin kami  harapkan besok jam 06.00 Wib untuk hadir di tempat. Kepada warga juga kami instruksikan untuk saling peduli dan saling mengingatkan untuk menjalankan aturan-aturan pemerintah, termasuk protokol kesehatan 5 M, Memakai masker, Mencuci tangan dengan sabun, Menjaga jarak, Menjauhi kerumunan dan Mengurangi mobilitas."

dr. Arnya Andriani, Kepala Puskesmas Kelurahan Jatibening di sela giat Swab Antigen dan Screening menyampaikan benar pihaknya menyediakan para tenaga kesehatan.

" Hari ini kami siapkan 12 tenaga kesehatan dari Puskesmas, dan menurut saya alurnya juga sangat mudah dan petugas kami melayani dengan baik. Jadi awal tetap melalui pendaftaran dengan membawa KTP dan KK, nanti akan mendapat lembaran screening untuk diisi, setelah itu berlanjut ke Swab Antigen, nanti pasien di Swab dan nunggu hasil. Kalau hasil negatif peserta ke meja screening, kalau hasil positif kita berikan edukasi dan melakukan isolasi mandiri." kata dokter Arnya Andriani.

Lanjutnya, "Besok Warga untuk datang Vaksin, kondisi besok hari sehat, jangan kemana mana dulu, istirahat saja yang cukup dan besok pakai Prokes yang ketat, pakai masker, rangkap juga boleh dan bawa hand sanitizer." Terang dr Arnya Andriani.


Selanjutnya ia berpesan kepada masyarakat kalau tidak perlu sekali bepergian keluar rumah, sebaiknya tetap di rumah, dan setelah beraktifitas dari luar rumah sebaiknya bersihkan dulu sebelum berkumpul dengan keluarga, untuk mencegah proses penularan dan menekan angka penularan di klaster keluarga.

Sementara itu Putri Dian Indah Rawati, salah satu warga dari RT. 01, RW. 02, Kelurahan Jatibening yang lolos dan akan mengikuti vaksin merasa senang dan mengucapkan terimakasih.

" Pemerintah sangat perhatian, vaksin massal yang awalnya masyarakat ada yang ragu sekarang semua antusias ikut vaksin," ujarnya.

"Saya sendiri sangat senang lolos screening dan besok mengikuti vaksin. Saya mungkin mewakili semua temen-temen dan warga masyarakat mengucapkan terimakasih pada pemerintah pusat, pada bapak presiden, bapak walikota dan semuanya. Kami sangat terimaksih juga pada pak lurah yang sangat perhatian pada warganya, Terimakasih para Nakes, terimakasih pada semua saja yang terlibat dalam suksesnya acara vaksin," tutup Putri Dian Indah Rawati.



Reporter: Agus Wiebowo