Header Ads Widget

Hosting Unlimited Indonesia

Update

8/recent/ticker-posts

Kritis Dalam Peroleh Informasi, Nurul Arifin: 92,4 Persen Berita 'Hoax' Disebar Lewat Sosmed


REFORMASI-ID | Bandung -  Beredarnya berita bohong, palsu fitnah atau hoax yang menjadi konsumsi sehari-hari masyarakat telah dianggap sebagai informasi atau berita yang benar akibat masifnya berita hoax'.

Dinilai, jurnalis adalah merupakan salah satu pilar kebangsaan bagi penerus bangsa dalam meyajikan informasi yang berbasis kebenaran dan keadilan.

Menurut Politikus, Nurul Arifin, pers atau jurnalis menjadi sarana memperoleh informasi  untuk mengembangkan pribadi dan lingkungan sosial seperti yang tertera di UUD 1945 pasal 28F.

emahaman nilai-nilai kebangsaan perlu dilakukan dimasyarakat Indonesia tetapi juga kepada kelompok ibu atau perempuan yang banyak menyebarkan berita 'hoax' lewat telepon androidnya.

"Bagaimanapun perempuan atau ibu ibu rumah tangga adalah yang paling mudah ikut-ikutan dalam menyebarkan berita atau informasi dengan meshare hal hal yang mengakibatkan perpecahan negara kesatuan republik Indonesia," ujar perempuan dari Fraksi Golkar ini, saat bersama Pewarna Indonesia, di Lembang, Bandung. Jumat siang (9/7/21).

Untuk itu, kata Nurul, peran jurnalis sebagai penyaji informasi yang berbasis kebenaran dalam menjaga keutuhan berbangsa dalam kebhinekaan tetap menjaga kualitas informasi dan konten berita yang sehat dan baik.

"Tugas media memberikan informasi yang benar dan tidak menimbulkan kepanik-an, seperti saat ini," kata perempuan kelahiran Bandung ini.

Apalagi, kata Alumni UI ini, banyaknya pergeseran dan pembelokan informasi hingga beredarnya 'hoax' (berita kebohongan) yang mencapai 62,8 persen lewat chatting WA.

"Ditambah, sekarang dibelokkan lagi dengan informasi hoax, seperti adanya kegagalan pemerintah dalam mengelola covid dengan nuansa yang mengarah ke isu politik," tandas pemeran Dewi dalam film 'Ketika Cinta Telah Berlalu'.

Sosialisai Pilar Kebangsaan ini yang digagas oleh Pewarna Jawa Barat lewat daring dan tetap menerapkan protokol kesehatan, dalam mencegah penyebaran Covid-19. 

Tampak juga kehadiran Pebimas Kristen Jawa Barat, Surya Minda Sirait, Penasehat Pewarna Jawa Barat Kikit Wiranti, Ketua Umum Pewarna Yusuf Mudjiono, Ketua Pewarna Daerah Jawa Barat, Kefas Hervin Devananda. (*)