Header Ads Widget

Hosting Unlimited Indonesia

Update

8/recent/ticker-posts

Kecamatan Jatiasih Sosialisasi Penggunaan Aplikasi Sisdapor

REFORMASI-ID l Kota Bekasi - Kecamatan Jatiasih menyelenggarakan Sosialisasi penggunaan Aplikasi sistem pengendalian dan pelaporan (Sisdapor) satuan tugas pamor
(Pemantau monitoring) Kecamatan Jatiasih.

Hal ini di adakan untuk meningkatkan pelayanan masyarakat dan pengembangan sumber daya manusia khususnya Satgas Pamor, seperti yang di sampaikan Fuad Hasan, lurah Jatikramat usai acara sosialisasi penggunaan aplikasi Sisdapor, di Kelurahan Jatikramat jalan H. Gemin No.2, Kecamatan Jatiasih, Kota Bekasi. Selasa (8/05/2021)

"Kami sangat mendukung  dan mengapresiasi adanya sosialisasi penggunaan aplikasi Sisdapor, selain kepada pihak kecamatan kami juga senang dan bangga pada para Pamor yang emangat dan antusiasme tinggi dalam mengikuti acara ini. Pamor di Kelurahan Jatikramat ada 16 yang seharusnya 19 dan alhamdulillah mereka mengikuti kegiatan ini semua. Jadi nantinya segala laporan bukan lagi manual tapi by sistem. Bahwa dengan mengikuti sosialisasi para pamor diharapkan dapet mengambil sebuah manfaat dengan berorientasi pada kinerja.
Ini akan meningkatkan pelayanan masyarakat dan juga sumber daya manusia.

Lanjutnya," Menghadapi kenyataan bahwa semakin tinggi kompetensi yang di butuhkan, tentunya sosialisasi dan  pelatihan pengembangan sumber daya manusia menjadi sebuah kebutuhan,"Jelas Fuad Hasan.

Sementara itu Uha purwaningrum, Pamor RW. 14 Kelurahan Jatikramat mengaku senang dengan adanya sosialisasi  penggunaan Aplikasi Sisdapor.
" Terus terang selama ini kami ada kendala dalam membuat pelaporan, salah satunya pelaporan bantuan
operasional untuk RT dan RW. Saya sudah 4 tahun sebagai Pamor dan baru kali ini ada acara pelatihan penggunaan aplikasi untuk pelaporan kegiatan kami. Kami sangat berterimkasih pada pak Lurah dan pihak Kecamatan, kami di beri kesempatan ikut belajar menggunakan aplikasi dalam pelaporan, walaupun terus terang tadi kami belum bisa dan kamu akan terus bertanya dan belajar." ucap Uha Purwaningrum. 

Sekretaris Camat (Sekcam) Jatiasih, Nurdin menyampaikan bahwa Sosialisasi penggunaan Aplikasi Sisdapor (sistem pengendalian dan pelaporan) Satgas Pamor Kecamatan Jatiasih adalah suatu kebutuhan seiring berkembangnya teknologi informasi.

" Meski pelatihan dilakukan tatap muka, acara tetap berlangsung dengan tetap mematuhi protokol kesehatan. Adanya pelatihan penggunaan aplikasi Sisdapor ini adalah suatu kebutuhan seiring perkembangan teknologi informasi.
Dimana sesuai dengan. Perwal 5 tahun 2017 sesuai pembentukan Satgas Pamor, dalam melaksanakan kerjanya Satgas Pamor harus melakukan pelaporan, dan sampai saat ini belum ada aplikasi yang khusus menampung pelaporan-pelaporan Satgas Pamor tersebut, oleh karena itu saya membuat aplikasi, yang pertama untuk mempermudah Satgas Pamor membuat laporan, yang kedua untuk membantu Satgas Pamor diketahui oleh masyarakat, bahwa satgas Pamor itu banyak kerjanya, yang ketiga akan mengetahui kinerja Pamor, yang selama ini mungkin banuak orang memandang sebelah mata padahal sebenarnya multitalenta. Sosialisasi penggunaan aplikasi sisdapor ini untuk kecamatan jatiasih saja dulu, kalau aplikasi sudah jalan dan banyak berguna tentunya bisa di pakai untuk tingkat kota Bekasi.dan saat ini dalam satu bulan  dalam tahap uji coba.
Lebih lanjut Nurdin menyampaikan, "Apabila warga ingin tahu kegiatan pamor bisa di lihat di Kecamatan, kita bisa buka, karena adminnya di Kecamatan.adapun alur kegiatanya Pamor adalah, Pamor melaporkan kegiatan di wilayah, masuk dalam aplikasi, mengirimkan foto kegiatan dan deskripsi kegiatan tersebut, lalu di input, di save masuk ke aplikasi kelurahan, dan Kelurahan mengapprove atau menolak kegiatan tersebut, benar gak Satgas Pamor melakukan kegiatan itu. Kalau laporan di approve/di terima akan masuk ke dashbord Kecamatan, dan di kecamatan akan di rekap semua.setiap bulan akan kita pantau, mana yang terbanyak laporan dan tidak. Apabila terbanyak akan di apresiasi dan apabila tidak ada laporan akan ada surat teguran dari Camat.

Lanjutnya," Alhamdulillah kegiatan berjalan sesuai rencana, sehingga diharapkan diadakan lagi sesuai kebutuhan, harapanya dengan pelatihan ini menambah wawasan keilmuan, peningkatan sumber daya manusia untuk selanjutnya di praktekan," tutup Nurdin

Reporter: Agus Wiebowo