Header Ads Widget

Hosting Unlimited Indonesia

Update

8/recent/ticker-posts

Di Polsek Bekasi Selatan, Peserta Vaksin dan Petugas Menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya


REFORMASI-ID | Kota Bekasi - Warga di Kelurahan Pekayon Jaya menerima vaksinasi Covid-19. pelaksanaan vaksinasi, disiapkan kuota untuk 50 orang. Demikian dikatakan drg. Ariska Agustina, Kepala Puskesmas Perumnas II Kayuringin Jaya, Bekasi Selatan, Kota Bekasi di Mapolsek Bekasi Selatan, Jalan Pulo Ribung Raya, Pekayon Jaya, Bekasi Selatan, Kota Bekasi, Sabtu  (12/06/ 2021).

"Hari ini kami lakukan vaksinasi, disini tentunya kami kerjasama dengan pemangku wilayah yaitu pihak Polsek Bekasi Selatan," ujar  drg. Ariska Agustina.

"Single dose itu 1 botol 1 orang, multidose 1 botol 10 orang, manfaat sama, merek sama, isinya sama dan jeda waktu penyuntikan 28 hari," terang dokter Ariska.

Dalam pelaksanaan vaksinasi dilakukan dengan alur pelayanan yang terdiri dari 4 (empat) meja. Mulai dari meja pendaftaran dimana penerima vaksin menyerahkan KTP untuk dilakukan verifikasi data ke aplikasi, setelah itu ke meja skrining. 

"Skrining ini untuk mengecek kondisi orang tersebut seperti tensi suhu badan, terus riwayat penyakit kita tanyakan semua untuk memastikan orang ini layak divaksin atau tidak di hari tersebut," jelasnya.
Setelah lolos dari skrining, ada dokter dan perawat di meja ketiga atau meja vaksinator. Setelah disuntik, warga pindah ke meja 4 yaitu meja observasi sampai dia pulang.

"Di meja 4 ini diobservasi dulu 30 menit untuk melihat apakah ada efek samping dan sebagainya, setelah  observasi selesai dan tidak ada gejala, pasien bisa kita berikan sertifikat atau bukti bahwa dia sudah divaksin dan  boleh pulang," tutur dokter Ariska.

Kompol Imam Syafi'i., S.H. Kapolsek Bekasi Selatan menjelaskan, "Vaksinasi ini dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun Bhayangkara ke-75, dan ini tentunya untuk membantu percepatan program vaksinasi dan menekan angka Covid-19 sekaligus mengajak masyarakat untuk melakukan Vaksin, sampai dengan hari ini sudah hari yang ke-6 Polsek Bekasi Selatan menyelenggarakan vaksin gratis. Dan hari ini yang di vaksin warga kelurahan Pekayon Jaya dengan tenaga kesehatan dari Puskesmas Perumnas 2 Kayuringin Jaya, dan untuk menumbuhkan rasa nasionalisme, peserta vaksin dan petugas menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia raya."
Lanjutnya," Pimpinan memerintahkan kita untuk melaksanakan pelayanan kepada masyarakat berupa gebyar vaksin bagi masyarakat Kecamatan Bekasi Selatan yang membutuhkan, kemudian kita bagi kepada para Bhabinkamtibmas untuk mendata wilayah Kelurahan masing-masing dengan kuota maksimal 50 karena memang kuota kita terbatas, kita sebenarnya mau untuk bisa melayani seluruh masyarakat, namun karena memang kemampuan kita terbatas, kita dibatasi setiap harinya 50 orang, secara bergantian 5 Kelurahan. Dengan kegiatan ini tentunya untuk membantu percepatan program vaksinasi bisa menekan laju perkembangan vaksinasi dan menekan angka covid-19 dan mengajak masyarakat melakukan vaksin."

"Kami juga memberikan kesadaran kepada masyarakat situasi pandemi ini sebagai salah satu ikhtiar kita untuk menjaga keselamatan dan kesehatan masyarakat vaksin harus kita laksanakan, dan masyarakat harus ada vaksin dan lakukan untuk kebutuhan mereka sendiri," tambahnya.

" Pesan kami masyarakat jangan percaya kepada hal-hal yang belum tentu kebenarannya, ada berita bahwa vaksin dampak nya begini dampaknya begitu, ternyata tidak terbukti. Jadi ini memang sebagai salah satu ikhtiar pemerintah maupun kepolisian dalam rangka menyadarkan masyarakat, kita di Polres metro Bekasi Kota terdiri dari 9 Polsek, semua Polsek mengadakan vaksin gratis, jajaran Polres juga tetap mengadakan, tapi kita juga menyadari untuk kompetensi pendidikan  bukan domain polisi, maka dari itu kami bekerjasama dengan dinas Kesehatan kota Bekasi. Dalam rangka menarik dalam pelayanan masyarakat, kita menyiapkan inovasi berupa foto booth, jadi masyarakat setelah selesai melaksanakan vaksin bisa bersua foto di sini.supaya ada apa kenangan," pungkas Kapolsek.

Reporter: Agus Wiebowo