Header Ads Widget

Hosting Unlimited Indonesia

Update

8/recent/ticker-posts

Berjemur Manfaatkan Sinar Matahari Pagi demi Kesehatan


REFORMASI-ID l Kota Bekasi -  Pagi hari merupakan waktu yang paling tepat untuk berjemur di bawah sinar matahari. Di waktu inilah, sinar matahari masih belum terik sehingga Anda bisa mendapatkan manfaat gratis kesehatan alami.

Hal ini di sampaikan drg. Ariska Agustina di kantornya puskesmas Perumnas 2 kelurahan Kayuringin Jaya, Bekasi Selatan, Kota Bekasi, Sabtu (26/06/2021).

"Pagi hari sebelum  Sinar matahari terik adalah waktu yang paling tepat untuk berjemur karena menghasilkan sinar UV (ultraviolet) yang menyentuh permukaan kulit untuk diubah oleh tubuh menjadi vitamin D. Vitamin D dibutuhkan untuk menjalankan fungsi metabolisme kalsium, imunitas tubuh, serta mentransmisi kerja otot dengan saraf.  

Sinar ultraviolet dan suhu kisaran 56 derajat celcius berdasarkan penelitian mampu membunuh beberapa virus dan bakteri seperti virus SARS flu burung, walau belum ada penelitian pasti apakah efektif membunuh Covid-19, Selain bisa membunuh virus dan bakteri, sinar matahari bermanfaat meningkatkan daya tahan tubuh/ merangsang pembentukan imun tubuh dan juga menguatkan tulang dan otot, juga memproduksi vitamin Di dalam tubuh. Oleh karena itu, anda dianjurkan berjemur pada waktu yang tepat, yaitu kisaran jam 09.00-10.00 dengan durasi 5 sampai 15 menit," terang Ariska.

Diungkapkan Ariska, Dalam masa pandemi ini hal yang paling efektif untuk menghindar dari terjangkitnya Covid-19 yaitu dengan disiplin protokol kesehatan 5M.

Dikarenakan varian Covid-19 yang semakin beragam dengan tingkat gejala dan efek yang beragam dengan tingkat gejala dan efek yang beragam pun tidak ada cara lain untuk menangkap nya selain disiplin memakai masker, mencuci tangan dengan sabun/handsanitizer, Menjaga jarak fisik, hindari berkedudukan dan kurangi perjalanan yang tidak perlu."Jelas Ariska.

Sementara itu pentingnya menjaga kebersihan dan kesehatan Dalam pandangan islam juga di sampaikan Ustadz  H.  Fatkur Bari.

"Agama islam ini sangat indah, segala hal telah di tetapkan ketentuannya sehingga kita sebagai umat islam khususnya haruslah mentaati ketentuan yang sudah Allah berikan.

Agar keberlangsungan kehidupan dapat teratur dan terjaga, mulai dari hal kecil sampai hal besar di atur dalam islam, mulai dari mengelola negara, mengelola keluarga, mulai dari menjaga  kebersihan lingkungan hingga kebersihan diri, semua itu tidak luput dari agama islam yang bersumber dari Alquran dan Hadits. Sehingga kita sebagai muslim tinggal melaksanakan ketentuan yang ada.

Terkait kebersihan erat kaitannya dengan kesehatan, ketika seseorang perduli dan tanggap akan kebersihan, maka kesehatannya pun akan terjaga pula.salah satunya juga dengan olah raga, seperti di jaman nabi dulu ada berkuda, memanah, lari dan sebagainya.termasuk berjemur di pagi hari itu adalah salah satu ikhtiar supaya badan kita sehat.tanpa badan yang sehat tentunya ibadah juga tidak bisa lancar sebagaimana lancarnya orang  yang sehat.karena kesehatan merupakan salah satu unsur penunjang utama Dalan melaksanakan berbagai hal, baik itu bekerja maupun dalam pelaksanaan ibadah kepada Allah SWT," tutup Ustadz Fatkur Bari.


Reporter: Agus Wiebowo