Header Ads Widget

Hosting Unlimited Indonesia

Update

8/recent/ticker-posts

Hari Ke-5 Swab Antigen Gratis Polsek Bekasi Selatan, Terdapat Pemudik yang Terpapar Covid-19

REFORMASI-ID | Kota Bekasi - Rapid Antigen Gratis Bagi para pemudik kembali dilaksanakan di Polsek Bekasi Selatan. Kamis, (20/5/2021).

"Kami buka Posko, dan ini sudah hari ke-5 Silahkan yang mau periksa, warga yang habis melakukan perjalanan mudik dan kembali ke kota Bekasi.
Dan hari ini kami ada 80 pcs terbagi 2 kegiatan yaitu 50 untuk di lokasi Polsek Bekasi Selatan dan 30 pcs untuk Rapid mobile di RW. 004, Kelurahan Pekayon Jaya.
Pemudik yang mengikuti rapid antigen hari ini ada satu yang positif dan langsung di bawa ke RSUD Kota Bekasi untuk penanganan selanjutnya. Kami sangat berterimakasih bisa bekerja sama dengan para Nakes puskesmas dan hari ini dari puskesmas Pekayon." Tutur Kompol Imam Safi'i, S.H., Kapolsek Bekasi Selatan.

Lanjut Imam, "Pengetesan berlangsung 15 menit saja dan sudah dapat hasilnya, jadi kalau dari tes swab antigen mereka negatif makanya sudah boleh pulang dan kita berikan hasil di tangan mereka," terang Kompol Imam Syafi'i, S.H.,

Tes Swab Antigen diperuntukkan bagi para pemudik dan mulai berdatangan kembali ke Kota Bekasi dan tidak memiliki surat bebas Covid-19 atau surat keterangannya sudah tidak berlaku.

Pemeriksaan kesehatan pemudik dengan tes usap atau swab antigen akan berlangsung hingga tanggal 24 Mei 2021.

Untuk menyisir warga yang pulang mudik tahun ini, Imam Syafi'i menginstruksikan seluruh Bhabinkamtibmas yang bertugas di wilayah Kelurahan agar mengarahkan warga yang kembali dari kampung melakukan tes swab antigen.

Diungkapkan Kompol Imam Syafi'i, ini adalah  upaya pemerintah untuk mengantisipasi penyebaran virus Covid-19 pasca perayaan liburan hari raya Idul Fitri tahun ini.

Di Polsek Bekasi Selatan, menurut data yang didapat dari Bhabinkamtibmas setempat, bagi warga yang melaksanakan mudik dan kembali memasuki Kota Bekasi dipanggil untuk melakukan swab.

Kapolsek  berharap adanya kesadaran masyarakat yang mana sangat dibutuhkan guna saling menjaga kesehatan di lingkungan.

Tak lupa Kompol Imam Syafi'i  mengimbau warga untuk menjaga kesehatan dengan menerapkan protokol kesehatan seperti memakai masker, menjaga jarak, menghindari kerumunan dan mencuci tangan dengan sabun agar terhindar dari Covid-19

Sementara itu Kepala Puskesmas Pekayon Jaya, Drg. Ickman Seno Basuki, M.H. Kes., menuturkan bahwa telah menyiapkan 80 alat rapid untuk warga. Warga yang sudah dilakukan tes akan diberikan surat keterangan dari hasil tes Antigen.

“Target utama adalah warga yang kemarin mudik dan sudah kembali ke kota Bekasi. Sejauh ini dari 80 pemeriksaan hanya ada 2 orang yang positif warga domisili Kayuringin Jaya dan selanjutnya akan dilakukan tes PCR,” pungkas Drg. Ickman saat dikonfirmasi.


Reporter: Agus Wiebowo