Header Ads Widget

Hosting Unlimited Indonesia

Update

8/recent/ticker-posts

Lurah Pekayon Jaya Optimis RW 018 Pondok Pekayon Indah Menjuarai Lomba Kampung Tangguh Jaya 2023



REFORMASI-ID 🇮🇩 | Kota Bekasi - Ketua TP PKK Kota Bekasi sekaligus Founder Wanita Bekasi Keren (WBK) Wiwiek Hargono Tri Adhianto, Lia Erliani beserta jajaran Tim Penilai lainnya hadir di RW 018 Pondok Pekayon Indah, Kelurahan Pekayon Jaya, Kecamatan Bekasi Selatan, Kota Bekasi, Jawa Barat, Kamis (27/7/2023). 

Kehadiran Ketua TP PKK Kota Bekasi dan Tim penilai Kampung Tangguh Jaya (KTJ) dan tim penilai Gerakan Keluarga Sehat Tanggap dan Tangguh Bencana (GKSTTB) tingkat Kota Bekasi, disambut oleh Camat Bekasi Selatan Karya Sukmajaya dengan pidato sambutan selamat datang.

"Kami ucapkan selamat datang ketua tim penilai Kampung Tangguh Jaya (KTJ ) maupun tim penilai Gerakan Keluarga Sehat tanggap dan tangguh Bencana (GKSTTB) beserta Plt. Ketua Tim Penggerakm Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) tingkat Kota Bekasi, Wiwiek Hargono, perwakilan koramil, Polsek, Para lurah se-Bekasi Selatan, kader Posyandu, kader PKK, ketua RW, para tokoh dan semua yang hadir RW 018 Kelurahan Pekayon Jaya. Harapan kami tidak muluk-muluk cukup juara pertama saja," kata Karya Sukmajaya Camat Bekasi Selatan. 

Dipimpin langsung oleh Kepala Bagian Tata Pemerintahan Setda Kota Bekasi sekaligus Ketua Tim Pelaksana Penilaian Lomba Kampung Tangguh Jaya 2023 Tingkat Kota Bekasi, Lia Erliani beserta jajaran Tim Penilai lainnya seperti Kodim 05/07 Bekasi, Polres Metro Bekasi Kota, Dinas Kesehatan Kota Bekasi, DPPPA Kota Bekasi, Dinas Lingkungan Hidup Kota Bekasi, Satpol PP Kota Bekasi, DKPPP Kota Bekasi, Diskop UKM Kota Bekasi, Dinsos Kota Bekasi dan BPBD Kota Bekasi melihat potret dan menilai dilapangan secara langsung.

Plt Ketua TP PKK Kota Bekasi  Wiwiek Hargono Tri Adhianto dalam sambutannya mengatakan bahwa pihaknya sangat mengapresiasi terselenggaranya acara rutin penilaian Kampung tangguh jaya. 

“Di tengah kesibukan para Camat, lurah, Ketua RW, RT, PKK semua menyempatkan untuk mempersiapkan  segala sesuatunya untuk mengikuti perlombaan. Tentunya kami sangat mengapresiasi kegiatan positif ini, kegiatan ini banyak memberi manfaat, dan bagi pemenangnya nanti disediakam hadiah senilai 1,5 Milyar dan akan di wujudkan barang yang bisa bermanfaat untuk keperluan di wilayah," Ujar Wiwiek dalam sambutanya.


Ketua RW 018 Pondok Pekayon Indah Sujito dan Sri Hernawati, Ketua TP PKK Kelurahan Pekayon Jaya melakukan ekspose dan paparan didepan seluruh Tim Penilai Lomba Kampung Tangguh Jaya maupun tim penilai Gerakan Keluarga Sehat tanggap dan tangguh Bencana (GKSTTB). 

Dalam Ekspose nya Sujito  kampung tangguh Jaya diwilyahnya , di antaranya memiliki kesehatan, tangguh keamanan dan ketertiban, tangguh ketahanan pangan dan ekonomi kerakyatan, tangguh pengelolaan hidup dan tangguh kebencanaan. 

"Semua bisa kita lakukan karena sosial dan kebersamaan," kata Sujito. 

Sementara itu Sri Hernawati, Ketua TP PKK   Kelurahan Pekayon Jaya memaparkan kegiatan masing-masing pokja termasuk rencana kerja dan kegiatan dalam program Penghayatan dan Pengamalan Pancasila dan Program Gotong Royong yang sudah dilaksanakan di kelurahan Pekayon Jaya.

Lia Erliani Ketua Tim Penilai KTJ bersama seluruh tim, mengkroscek kelapangan dan memang benar yang terjadi, bahwasannya warga RW 018 kelurahan Pekayon Jaya ini sudah memiliki pondasi yang kuat.

"Dari beberapa indikator yang menjadi penilaian kami sudah cukup baik namun memang ada beberapa hal yang pastinya menjadi masukan dan tambahan agar dapat jauh lebih baik dari ini" ujar Lia. 

"Itulah kenapa kita melakukan klarifikasi secara langsung kelapangan guna melihat situasi yang terjadi dilapangan seperti apa dan penilaian ini adalah proses untuk menetapkan RW yang tangguh dan tanggap dalam penganan bencana, kesehatan dan kebersihan lingkungan, ketahanan pangan dan perekonomian dan keamanan ketertiban lingkungan, dan pantas terpilih menjadi Kampung Tangguh Jaya 2023 Tingkat Kota Bekasi" Jelasnya.
H. Darkam Suryadi, Ketua Karang Taruna Kota Bekasi (tengah) di lokasi Penilaian Kampung Tangguh Jaya

Di lokasi Penilaian Kampung Tanggung Jaya, Ketua Karang Taruna Kota Bekasi H. Darkam Suryadi berharap dalam setiap kegiatan karang taruna untuk aktif ditengah masyarakat

"Saat ini telah terbentuk Karang Taruna Husada di setiap Kelurahan, kawan-kawan bisa mengadvokasi masyarakat dilingkungan masing- masing dan berperan aktif dalam setiap kegiatan," Kata H. Darkam. 

Sementara itu Lurah Pekayon Jaya Encup Supratman  memberikan apresiasi tinggi kepada peran serta aktif masyarakat khususnya RW 018 Pondok Pekayon Indah. 

"Keberhasilan dalam pemberdayaan masyarakat, sehingga diikutkan dalam lomba kampung tangguh jaya. Ini dilakukan dengan menggerakkan potensi sumber daya manusia di RW 018 secara optimal dan tidak membebani. yang digerakkan  segala  potensi yang ada, maka dari itu kami sangat optimis akan meraih juara," ujarnya.

Lurah yang dikenal tegas, humble dan dekat dengan wartawan ini menjelaskan, tangguh wilayahnya atas kerjasama dan sinergi yang terbangun dengan semua elemen masyarakat. 

"Alhamdulillh respon semua elemen sangat baik, dari RT, RW, PKK, Posyandu, karang taruna dan semua warga. sebagai wilayah yang warganya tangguh dalam segala hal dan memenuhi 5 kriteria, tangguh kesehatan, tangguh ketahanan pangan dan UMKM, tangguh ketentraman dan ketertiban, tangguh penanganan bencana dan tangguh pengelolaan lingkungan. Jadi warga RW 018 itu sudah sangat tertempa, dari situlah guyub warga terbangun dan tangguh dalam segala hal, bisa dilihat betapa lingkungan sangat bersih, tanaman hijau dan penataan lingkungan yang tertata rapi dan lingkungan yang sehat." tutup Encup Supratman.